Balinews.id

Kamar Mayat di RS Wangaya Penuh, Jasad Pasien Covid-19 Ditaruh di Tenda

Jenazah Pasien Covid-19 dititip di Tenda Darurat. Sumber : Kumparan.com.

BaliNews.id– Peningkatan kasus corona membuat kamar mayat di rumah sakit rujukan COVID-19 di Bali penuh. Di RSUD Wangaya di Kota Denpasar bahkan terpaksa membangun tenda untuk menampung jenazah, baik jenazah dari pasien yang terinfeksi COVID-19 maupun non-COVID-19.

“Kondisinya saat ini sudah banyak penambahan tempat. Karena Sanglah (RSUP Sanglah) sudah tidak menerima penitipan jenazah COVID-19 dari luar, RSBM (Rumah Sakit Bali Mandara) penuh dan di RS Kapal juga penuh,” kata Kepala Instalasi Pemulasaraan Jenazah RSUD Wangaya, Ida Bagus Gede Rama Praba Vananda, kepada wartawan, Selasa (10/8).
Ia menuturkan, RSUD Wangaya memiliki kapasitas penitipan jenazah sebanyak 10 peti dan 21 ruang pendingin (freezer). Sementara itu, saat ini ada 71 jenazah non-COVID-19 dan COVID-19 dititipkan di RSUD Wangaya.
RSUD Wangaya menambah ruang untuk menampung jenazah. Di antaranya, ruang perkantoran administrasi di lantai II RSUD Wangaya sebagian difungsikan sebagai tempat penitipan jenazah. Kantor di lantai tersebut disekat dengan terpal untuk penitipan jenazah.
RSUD Wangaya juga mendirikan tenda darurat di samping gedung pemulasaran. Bahkan tempat pemandian jenazah juga diisi jenazah yang diletakkan di dalam peti. Dilansir dari berbagai sumber, 71 Jenazah ini terdiri dari 50 jenazah pasien COVID-19 yang ditempatkan di tenda dan ruangan lainnya dan 21 jenazah non-COVID-19 yang ditempatkan di freezer.
Penambahan ruang ini juga belum mampu menampung jenazah yang masuk ke RSUD Wangaya. Sebab, sebagian rumah sakit rujukan COVID-19 di wilayah lain ingin menitipkan jenazah di RSUD Wangaya.“Jadi warga banyak yang kebingungan, hari saya sudah sekitar delapan kali menolak jenazah dari luar. Kadang masyarakat menangis-menangis karena enggak ada tempat,” kata dia.
Kasus COVID-19 di Bali memang tinggi sejak Juni 2021 lalu. Selama 1 Juli 2021 hingga 9 Agustus 2021 atau PPKM Darurat dan PPKM Level 4 ada 37.003 orang dinyatakan positif, 24.430 orang sembuh dan 921 orang terpapar COVID-19 di Pulau Dewata.Total kasus corona di Bali per Senin (9/8) adalah 87.217 orang dinyatakan positif, 71.799 orang sembuh dan 2.481 orang dinyatakan meninggal serta 12.937 masih dirawat terpapar COVID-19.
(ab/km)

Tanggulangi Kejahatan Siber, Polri akan Rekrut 45 Perwira di Bidang IT

NASIONAL, Balinews.id – Maraknya serangan siber di tanah air membuat Polri berencana merekrut sumber daya…

August 13, 2021

Nyoman Parta Sukses Perjuangkan Hak Pekerja APS, Downgrade Status Resmi Dibatalkan

Balinews.id – Rencana perubahan status pekerja dari PKWTT/Permanent menjadi PKWT/Kontrak di PT Angkasa Pura Supports…

August 13, 2021

10 WN Tiongkok Diamankan Atas Dugaan Pelanggaran Izin Tinggal

BADUNG, Balinews.id – Sepuluh warga negara asing (WNA) asal Tiongkok ditahan oleh Kantor Imigrasi Kelas…

August 13, 2021

Berbuah Manis! Rencana Perubahan Status Pegawai PT APS Dibatalkan

Badung, Balinews.id – Sengketa terkait perubahan status ketenagakerjaan yang terjadi di Bandara Ngurah Rai akhirnya…

August 13, 2021

Hyundai Kona Electric Siap Meluncur di GIIAS 2024

BISNIS, Balinewsid – PT Hyundai Motors Indonesia akan segera melengkapi model kendaraan listrik (EV) di…

August 13, 2021