Jual Lawar dan Sate Penyu, Pemilik Warung Kayu Manis Diamankan

DENPASAR, BaliNews.id – Tim Subdit IV Direktorat Reskrimsus Polda Bali mengamankan pemilik warung kayu manis di Jimbaran, I Wayan Kayun. Pria ini menjual makanan lawar dan sate dari olahan penyu hijau.

Terungkapnya penjualan daging satwa dilindungi Undang-Undang itu berdasarkan informasi masyarakat adanya transaksi jual beli penyu hijau dalam jumlah besar. “Setelah menerima informasi, anggota Unit I Subdit IV Dit. Reskrimsus bergerak ke warung kayu manis di Jimbaran, Kuta Selatan,”ujar Kabid Humas Polda Bali Kombes Syamsi, Jumat (26/6/2020).

Setelah melakukan pengecekan, Rabu (24/6/2020) sekitar pukul 10.00 Wita, petugas mendapati daging penyu hijau sudah dicincang dan sebagian sudah diolah menjadi lawar dan sate. Dari temuan itu, polisi mendatangi rumah I Wayan Kayun di Jalan Bukit Hijau II nomor 1 Banjar Mekar Sari, Desa Jimbaran, Kuta Selatan.

BACA JUGA  Kebut Pembangunan Rumah Pembibitan TP-PKK

Kedatangan petugas Bersama kepala lingkungan setempat mengagetkan pemilik rumah karena kedapatan sedang memotong satu ekor penyu hijau. Selain itu, ditemukan 12 ekor penyu hijau hidup dan 12 kampil potongan daging penyu hijau dalam freezer. “Dari temuan itu, Unit I berkoordinasi dengan BKSDA untuk dilakukan penitipan terhadap satwa yang masih hidup,”ungkapnya.

Selain menyita mengamankan 12 ekor penyu hidup, polisi juga menyita barang bukti tujuh potongan tubuh penyu, 20 kampil daging penyu yang sudah terpotong, dua golok, satu kapak serta talenan. Sedangkan I Wayan Kayun masih menjalani pemeriksaan. “Statusnya belum tersangka,”tandas Kombes Syamsi.