Balinews.id

Jaga Lingkungan, Wali Kota Jaya Negara Tuangkan Eco Enzym di Tukad Badung

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sekaligus untuk menjaga lingkungan, Walikota Jaya Negara menuangkan Eco Enzyme ke Tukad Badung, Sabtu (5/6).

DENPASAR, BaliNews.id – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kota Denpasar dilaksanakan dengan kegiatan bersama komunitas peduli lingkungan. Pada peringatan tahun ini Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama komunitas Eco Enzyme Nusantara dan OPD terkait melaksanakan penuangan cairan eco enzyme di Tukad Badung, Sabtu (5/6).

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Jaya Negara juga melepas mobil penyemprotan Eco Enzyme yang berkeliling di Kota Denpasar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Istri Wakil Wali Kota Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya dan OPD terkait.

Wali Kota Jaya Negara menyampaikan ucapan terima kasih kepada komunitas peduli lingkungan dalam hal ini Eco Enzyme yang telah melaksanakan kegiatan penuangan cairan Eco Enzyme di Tukad Badung. Kesempatan yang sama juga komunitas memberikan dukungan dalam pembersihan udara dengan penyemprotan Eco Enzyme ke udara.

“Semoga langkah ini mampu memberikan dampak baik bagi lingkungan khusunya di Kota Denpasar,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Jaya Negara dari langkah bersama komunitas Eco Enzyme Nusantara ini diharapkan ekosistem seperti di Tukad Badung dapat terjaga. Dalam peringatan ini juga dapat mengguggah bersama terhadap kepedulian lingkungan. Terlebih dalam masa pandemic saat ini, dengan langkah kecil menjaga lingkungan yang berdampak pada kesehatan bersama.

“Sinergitas bersama komunitas peduli lingkungan di Kota Denpasar dapat terus bergerak memberikan manfaat yang baik bagi lingkungan,” harap Jaya Negara.

Sementara Ketua Koordinator Komunitas Eco Enzyme Nusantara, Jokoryanto menyampaikan dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada hari Sabtu, 5 Juni 2021, Eco Enzyme Nusantara mengadakan kegiatan sosial berupa penyemprotan cairan Eco Enzyme ke udara.

Sesuai dengan tema lingkungan hidup sedunia pada tahun ini yaitu ecosystem restoration atau pemulihan ekosistem , harapan dengan penyemprotan Eco Enzyme bisa membantu memulihkan ekosistem sehingga bumi kita menjadi tempat yang layak bagi kita manusia untuk hidup dan juga semua bentuk kehidupannya yg ada di dalamnya.

Pelaksanaan penyemprotan dilakukan di Kabupaten /Kota Se-Bali. Acara ini terselenggara bekerjasama dengan Polda Bali, Dinas LH Prov. Bali, Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Bali, Kodam IX Udayana, PMI Bali, PMI Kabupaten /Kota Se-Bali dan pihak lainnya.

“Khusus di Kota Denpasar, bersama bapak Wali Kota memusatkan pelaksanaan kegiatan di Tukad Badung,” ujarnya.

Ketua TP. PKK Ny. Sagung Antari Jaya Negara Bagikan Tas Ramah Lingkungan

Masih dalam peringatan Hari Lingkungan Sedunia, Ketua TP PKK Denpasar Ny. Antari Jaya Negara membagikan tas ramah lingkungan kepada pedagang dan pengunjung Pasar Sindhu Sanur Kecamatan Denpasar Selatan Sabtu (5/6).

Kegiatan ini dipimpin langsung
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara di dampingi Istri Wakil Walikota Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Dalam kesempatan tersebut Ny. Sagung Antari mengatakan, posisi Pasar Sindhu yang berada di daerah objek pariwisata di Kota Denpasar, sehingga pasar ini harus ramah lingkungan. Untuk menciptakan pasar yang ramah lingkungan, maka penggunaan kantong plastik harus dikurangi, sesuai dengan Peraturan Walikota Nomor 36 tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

Pembagian tas ramah lingkungan kepada pengunjung dan pedagang Pasar Sindhu adalah kegiatan yang sangat tepat dalam upaya mengurangi penggunaan tas plastik sekali pakai.

“Jika pengunjung dan pedagang Pasar Sindhu telah menggunakan tas ramah lingkungan maka akan tercipta kondisi ramah lingkungan, sekaligus membantu program Pemerintah Kota Denpasar dalam mengurangi sampah plastik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ny. Sagung Antari menjelaskan, sampah plastik tidak baik untuk lingkungan, karena sampah plastik yang menumpuk di tempat pembuangan sampah tentunya mencemari lingkungan.

“Jika saat bahan kimianya meresap ke tanah dan berinteraksi dengan air, kualitas air akan ikut tercemar. Tanah akan terkontaminasi bahan kimia sehingga air tanah juga rentan mengandung racun berbahaya,” katanya.

Kadis DLHK Kota Denpasar IB Putra Wirabawa mengatakan, kegiatan ini dalam upaya pengembangan Pasar Sindhu yang ramah lingkungan serta mengoptimalkan Peraturan Walikota Nomor 36 tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik.

Mengingat Pasar Sindhu merupakan pasar percontohan ramah lingkungan. Selain itu pasar ini juga berada di objek pariwisata Kota Denpasar. “Maka dari ramah lingkungan adalah hal yang utama harus diperhatikan, sehingga ketika pariwisata Bali dibuka mereka telah siap,” ujarnya.

Dalam mendukung pasar ramah lingkungan DLHK Kota Denpasar bersama Ketua Tim Penggerak PKK juga mengedukasi masyarakat agar bisa memilah sampah serta membuat lubang biopori di setiap rumah. Karena selain menyerap air hujan, lubang biopori juga bisa menampung sampah organik dari rumah tangga. Sehingga sampah yang keluarga dari rumah sangat minim.

Pengelola Pasar Sindhu I Made Sudarta mengaku sangat mendukung program ini karena sampah plastik sangat susah di daur ulang. Untuk menciptakan pasar yang ramah lingkungan pihaknya berjanji akan terus memberikan edukasi kepada pedagang maupun pengunjung agar selalu menggunakan tas ramah lingkungan. (ge/*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

June 5, 2021

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

June 5, 2021

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

June 5, 2021

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

June 5, 2021

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

June 5, 2021