Balinews.id

Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja, Disnaker Gianyar Gelar Pelatihan Barista

Kegiatan pelatihan Barista di Kantor UPTD BLK Agrobisnis dan Industri Kabupaten Gianyar. (Foto: Ist)

Balinews.id – UPTD BLK Agrobisnis dan Industri Disnaker Kabupaten Gianyar menyelenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Boarding program pelatihan Barista di Kantor UPTD BLK Agrobisnis dan Industri, Senin (13/3). Pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja dalam pengembangan standardisasi kompetensi kerja.

Pelatihan dibuka Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Ketut Surya Adnyani dengan menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan mengalungkan tanda peserta. Kepala UPTD BLK Agrobisnis dan Industri Disnaker Gianyar, Ni Ketut Dani mengatakan pelatihan kompetensi Non Boarding program barista dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

“Melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan mendapatkan tenaga kerja yang terampil, terlatih dan kompeten di bidangnya,” ucapnya. Lebih lanjut dengan adanya pelatihan barista ini, akan dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan serta dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Gianyar.

Pelatihan barista sendiri dilaksanakan selama 23 hari dengan 180 jam pelajaran, serta diikuti oleh 16 orang peserta yang sudah melalui proses seleksi sebelumnya. ”Selama pelatihan berlangsung peserta mendapatkan konsumsi, modul, perlengkapan, pakaian kerja dan uang saku yang bersumber dari dana Kementerian Ketenagakerjaan RI DIPA Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Lombok Timur,” kata Ni Ketut Dani.

Sementara itu, Kadis Naker Gianyar, Ida Ayu Ketut Surya Adnyani mengapresiasi program dan langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh UPTD BLK. Meski tahun 2023 baru berjalan 3 bulan namun pelaksanaan pelatihan sudah banyak dilaksanakan. “Kalau tidak salah sudah 4 kali. Mulai pelatihan pembuatan kue dan roti di Bitera dan Batuan, pelatihan tata rias dan hari ini saya buka pelatihan barista,” kata Surya Adnyani.

Lebih lanjut, dirinya menilai apa yang dilaksanakan oleh BLK selama ini merupakan paket komplit, bukan semata diberikan konsumsi, modul, perlengkapan, pakaian kerja dan uang saku tetapi juga dilengkapi dengan uji kompetensi sebagai standardisasi. “Ini goal-nya yang paling berkesan nantinya, yang bisa dipergunakan untuk mencari pekerjaan,” ujarnya.

Pada tahun 2023, Disnaker Gianyar setidaknya memiliki 12 paket pelatihan yang sangat disambut baik oleh masyarakat Gianyar terutama bagi generasi muda yang baru menyelesaikan sekolah atau yang masih kuliah.

“Pada seleksi kemarin, antusias peserta sangat besar dari 32 yang mengikuti seleksi, dipilihlah 16 orang. Namun jangan kecewa, bagi yang belum lolos seleksi dapat mengikuti seleksi di tahap kedua dan ketiga,” paparnya.

Selain itu, para peserta juga telah dilengkapi jaminan sosial selama dilaksanakan pelatihan barista. Sehingga keselamatannya akan terjamin. “Jadi semua sudah dilindungi, sehingga adik-adik peserta pelatihan sudah terjamin keselamatan kerjanya,” tandasnya. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

March 14, 2023

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

March 14, 2023

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

March 14, 2023

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

March 14, 2023

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

March 14, 2023