Balinews.id

Sempat Dilaporkan Hilang, Nenek Sami Akhirnya Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal di Trowongan Subak Gede Buahan

 

Nenek Sami Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal di Trowongan Subak Gede Buahan Sabtu (26/2/2022)

BaliNews.id – Seorang warga bernama Ni Ketut Sami (80) asal Banjar Majangan, Desa Buahan Kaja, Kecamatan Payangan, Gianyar, yang diketahui telah hilang sejak Selasa, (22/2) akhirnya ditemukan di meninggal dalam trowongan Subak Gede Buahan, pada Sabtu (26/2/2022), sekitar pukul 09.30 Wita.

Korban Ni Ketut Sami, ditemukan oleh seorang warga asal Banjar Majangan, Komang Bolo, yang melakukan pencarian menelusuri trowongan sejak pagi. Setelah ditemukan, warga langsung mengevakuasi, dan melakukan ritual ngeplugin di lokasi ditemukannya korban, yang kemudian dibawa ke rumahnya di Banjar Majangan.

Baca juga: Sudah Menghilang Dua Hari, Anak Nenek Sami: Ketiga Paranormal Mengatakan Ibu Saya Masih Ada di Sekitar Banjar!

Kronologi Kejadian

Korban diketahui pergi dari rumah Selasa (21/2) pagi namun sampai sore tak kunjung pulang. Sehingga keluarga dan tetangga mencoba menelusuri jejak korban pada Rabu (23/2). Diduga pergi menjenguk anaknya di Banjar Saren, Desa Kerta. Namun, anaknya di Saren mengatakan tidak ada ke Saren.

Selanjunya keluarga dan tetangga mencari di sekitar banjar, dengan menelusuri tegalan, lembah dan sungai. Namun tidak ditemukan. Keluarga juga sempat mencari dengan membawa seperangkat gambelan, kalau-kalau korban disembunyikan wong samar, sehingga dilepaskan. Sedangkan, pada Jumat (25/2) seluruh warga banjar, yang dikoordinir oleh prajuru, dikerahkan untuk menelusuri informasi dan kemungkinan arah bepergian korban, namun nihil hasil.

Lantaran ada kecurigaan korban pergi ke Banjar Saren, Desa Kerta dan terjatuh di saluran air irigasi Subak Gede Buahan, prajuru Banjar Majangan berkoordinasi dengan Prajuru Subak Gede Buahan untuk memohon ijin menutup aliran air sementara untuk melakukan pencarian korban. Pada Sabtu (26/2) pagi warga banjar mulai melakukan pencarian, dengan membagi warga menelusuri ruas-ruas trowonga Subak Gede, dari Banjar Singa Perang sampai Banjar Tengipis, Desa Buahan Kaha. Tepat di trowongan batas utara Bajar Tengipis, korban akhirnya ditemukan.

Nenek Sami Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal di Trowongan Subak Gede Buahan Sabtu (26/2/2022).

Atas temuan tersebut, Tim Medis Puskesmas Payangan di dampingi Kanit Reskrim Polsek Payangan langsung melakukan visum.

Kanit Reskrim Polsek Payangan, IPDA I Gede Ardika Pramarta mengataan, tidak ada tanda-tanda yang mencurigakan. Korban terpeleset lalu ada benturan dan hanyut terbawa arus air menyebabkan korban meninggal. “Ini faktor korban memang sudah uzur, sehingga tidak kuat melawan arus air,” ujarnya.

Senada dengan pihak kepolisian, Dokter Fandi yang melakukan pemeriksaan korban juga mengungkapkan, hal yang sama. Ada lecet,  dan bekas benturan akibat terjatuh. “Tidak ada tanda bekas kekerasan,” ungkapnya.

Sang anak I Ketut Pasti, mengatakan, pihak keluarga telah mengikhlaskan kepergian ibunya tersebut. Dia menduga, ibunya akan pergi ke Banjar Saren, untuk menjenguk anaknya yang kasin di sana. Namun, dalam perjalanan terpeleset dan jatuh terbawa aliran air irigasi subak.

Bendesa Adat Majangan I Made Breset, mengatakan bersyukur korban sudah ditemukan. Warga telah empat hari melakukan pencarian. Di hari ke empat ditemukan. Pihaknya berterima kasih kepada krama dan semua pihak yang telah membantu sehingga korban bisa ditemukan.

Menurut bendesa, setelah ditemukan, pihaknya telah mapinunas di Geria Uma Anyar, Melinggih Payangan, untuk proses upacara korban. Petunjuk sulinggih, korban akan dikubur dikubur hari ini, Sabtu (26/2). “Menurut sulinggih hari ini hari baik mengubur jenazah. Kami kubur nanti sore,” ujarnya. (rd)

 

 

Duo Pencuri Motor di Jalan Poppies Kuta Dibekuk, 1 Melarikan Diri

BADUNG, Balinews.id – Dua dari tiga komplotan pelaku pencurian motor yakni Dodi Andika (23) asal…

February 26, 2022

Diduga Mengantuk, Mobil Pick Up Terguling Hingga Nyemplung di Got

Tabanan, Balinews.id – Seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama Maridwan D. Obhetan (26)…

February 26, 2022

Kemenperin Batasi Impor Barang Elektronik, Kulkas – Laptop Masuk Daftar

Balinews.id – Dalam mendukung iklim usaha yang kondusif bagi industri elektronik nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)…

February 26, 2022

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

Jakarta, Balinews.id – Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis…

February 26, 2022

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya…

February 26, 2022