Balinews.id

Petani Tegallalang Panen Padi Organik

Panen padi organik di Subak Timbul, Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang, Rabu (24/5/2023). (ISTIMEWA)

Balinews.id – I Made Mica, petani di Subak Timbul, Desa Pupuan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, sejak 4 tahun telah memanfaatkan pupuk organik untuk mengelola lahannya. Ia bahkan sudah 8 kali panen padi sejak menggunakan pupuk organik.

Menurutnya, hasil panen jauh lebih maksimal dari menggunakan pupuk kimia. Bulir padi organik lebih terisi padat, ketahanan batangnya sangat baik.

“Selama delapan kali masa panen saya sudah membuktikan, dan hasil memuaskan buat saya, ” ujar saat panen padi Rabu (24/5/2023) seluas 17 are.

Selain itu, menerapkan pola organik juga membuat ekosistem lingkungan akan terjaga, mulai dari belut, capung, dan lainnya. Dan untuk panennya kali ini, per are lahannya ia mendapatkan 60 kg gabah. Padi yang dipanen adalah padi bali mangsur.

Adapun pola yang selama ini terapkan adalah menggunakan pupuk organik dari kotoran hewan yang sudah dipermentasi dan ia kombinasikan dengan eco enzyme. Pola ini jauh lebih ekonomis dibanding harus membeli pupuk kimia serta obat-obatan lainnya.

Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP, I Nyoman Parta saat meninjau pertanian di Subak Timbul. (Foto: Istimewa)

Hal ini pun diapresiasi dan mendapatkan dukungan dari I Nyoman Parta, anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP. Ia pun optimis jika kedepannya pola ini akan menjadi pilihan petani untuk bercocok tanam padi.

“Dan dari tanah yang memiliki kualitas baik, ini juga akan menghasilkan tanaman yang berkualitas, dapat kita bandingkan dengan menggunakan pupuk organik dan petani yang menggunakan pupuk kimia,” tegas politisi asal Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Gianyar

Hanya saja memang masih ada kecenderungan petani yang ingin serba mudah termasuk penggunaan media pupuk kimia untuk merawat tanaman. Sehingga perlu diberikan sosialisasi yang lebih luas, untuk menghasilkan hasil panen yang lebih bermutu, serta kualitas dan kuantitas yang diinginkan. (*)

Duo Pencuri Motor di Jalan Poppies Kuta Dibekuk, 1 Melarikan Diri

BADUNG, Balinews.id – Dua dari tiga komplotan pelaku pencurian motor yakni Dodi Andika (23) asal…

May 24, 2023

Diduga Mengantuk, Mobil Pick Up Terguling Hingga Nyemplung di Got

Tabanan, Balinews.id – Seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama Maridwan D. Obhetan (26)…

May 24, 2023

Kemenperin Batasi Impor Barang Elektronik, Kulkas – Laptop Masuk Daftar

Balinews.id – Dalam mendukung iklim usaha yang kondusif bagi industri elektronik nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)…

May 24, 2023

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

Jakarta, Balinews.id – Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis…

May 24, 2023

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya…

May 24, 2023