Balinews.id

Ketua TP. PKK Ginyar, Resmi Launching Puspa Aman di Desa Pupuan dan Buahan

Puspa Aman

Kegiatan launching Puspa Aman (pusat pangan alami mandiri asri dan nyaman) Desa Pupuan, Tegalalang dan Puspa Aman Desa Buahan, Payangan (30/11/21).

BaliNews.id – Ketua TP. PKK Kabupaten Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi, Kepala Dinas Ketahan Pangan Kelautan dan Perikanan (DKPKP) I Gusti Ayu Dewi Hariani, Kepala Dinas Pertanian I Made Raka serta Camat Tegallalang Ni Wayan Trisna Handayani dan Camat Payangan I Wayan Widana secara resmi melaunching Puspa Aman (pusat pangan alami mandiri asri dan nyaman) Desa Pupuan, Tegalalang dan Puspa Aman Desa Buahan, Payangan (30/11/21).

Ny. Surya Adnyani Mahayastra mengatakan Kabupaten Gianyar mempunyai program yang saling sinergi antara TPS3R, Puspa Aman dan Hatinya PKK, dimana Puspa Aman akan mendukung hatinya PKK, yaitu bagaimana masyarakat memanfaatkan halaman pekarangan rumahnya dengan ditanami tanaman yang bermanfaat bagi keluarga, serta semua tanaman yang ditanam diberikan pupuk organik dari TPS3R.

“Sehingga betul-betul organik, tidak ada bahan kimianya,” kata Ny Surya Adnyani Mahayastra.

Sebagai contoh, Desa Pupuan sudah ditetapkan sebagai desa wisata, sehingga desa wisata tentu alam yang ada di Desa Pupuan sangat mendukung. Ditambah lagi dengan adanya puspa aman, sehingga desa wisata yang ada akan dapat dijadikan suatu distinasi wisata tour, dimana puspa aman akan menjadi pendukung paket desa wisata tersebut.

Selain dijadikan pendukung destinasi desa wisata, puspa aman juga bertujuan sebagai edukasi kepada masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan, seperti cabai, terong, sayur-sayuran dan lainnya yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan aman.

Di Kabupaten Gianyar sendiri, puspa aman sudah ada di 33 desa, tentunya perkembangannya akan mengikuti apa yang terjadi di desa, seperti di Desa Pupuan akan dibuka resto, maka apa yang dihasilkan puspa aman akan dimanfaatkan di resto sehingga dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Ny. Surya Adnyani Mahayastra berharap untuk desa dan TP. PKK desa agar tetap melanjutkan program-program yang sudah dilaksanakan, seperti sekarang bukan hanya saat puspa aman saja mereka hadir ditengah-tengah masyarakat tapi setiap saat. Terutama di rumah tangga karena dalam 10 program pokok PKK yang ada pada program pokja III sandang, pangan dan tata laksana rumah tangga yang merupakan program unggulan dari Aku Hatinya PKK.

Kepala Desa Pupuan I Wayan Sumatra mengatakan dirinya sangat mendukung program-program yang ada di kabupaten, salah satunya bertujuan untuk mensinergikan ketahan pangan melalui puspa aman dan didukung dengan petani yang ada. Dimana pembibitan yang ada akan didistribusikan kepada kader PKK agar dapat ditaman di halaman rumahnya, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias maupun dapat mengkonsumsinya. Kedepannya puspa aman yang ada akan dikembangkan dengan desa wisata yang ada di desa pupuan dengan alam yang asri serta tanpa harus merusak lingkungan.

Di Desa Pupuan mempunyai 21 potensi yang dapat dikembangkan, diantaranya mulai dari waterfall, cagar budaya, wisata alam, seni ukir perak dan kayu serta wisata sejarahnya. Dimana tinggal digali dan kembangkan dengan tradisi dan kearifan lokalnya.

Dirinya berharap kedepannya supaya puspa aman dapat berkelanjuatan dan berkembang sampai ke pelosok, menjaga ketahanan pangan sehingga kita tidak perlu membeli bibit lagi.

BKKBN Himbau Perempuan Boleh Hamil Maksimal Hingga 35 Tahun, Ini Alasannya

Semarang, Balinews.id – Kepala Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dokter Hasto,mengingatkan bahwa usia maksimal perempuan…

November 30, 2021

Lansia Ditemukan Tewas Mengapung di Tukad Ayung

BADUNG, Balinews.id – Jasad lansia diketahui bernama I Gusti Agung Gde Mayun (82) ditemukan di…

November 30, 2021

Mahfud MD Ungkit Soal “Mahkamah Kalkulator”, Yusril Sebut Pendapat Lama

Balinews.id – Sebelumnya, Mahfud MD mengutip pernyataan Yusril yang meminta agar MK tidak fokus pada…

November 30, 2021

Jelang Idul Fitri, Pemkot Denpasar Gelar Pasar Murah

DENPASAR, Balinews.id – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar bersama Tim…

November 30, 2021

Juliarta – Baru Disebut Akan Ramaikan Bursa Bakal Calon Pilkada Klungkung 2024

Klungkung, Balinews.id – Sejumlah nama mulai meramaikan bursa bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung…

November 30, 2021