Balinews.id

Disorot Nyoman Parta, Proyek di DAS Petanu Sukawati Ditegur BWS

Konstruksi proyek di DAS Petanu, Sukawati, Gianyar dikecam. 

GIANYAR, Balinews.id – Berawal dari adanya laporan di masyarakat terkait pembangunan kontruksi berlokasi di Daerah Aliran Sungai Petanu, Sukawati, Gianyar yang dilakukan oleh PT. Bina Raya Perkasa, BWS Bali mengambil langkah tegas dengan mengeluarkan surat teguran. Diketahui bahwa konstruksi tersebut telah mempersempit badan, palung dan aliran sungai 5,7 meter dan Panjang 16,7 meter.

Dalam surat resmi dengan Nomor UM 0102-Bws15/443 tersebut, BWS Bali-Penida menyampaikan delapan poin penting terkait dengan isu ini. Salah satu poin utama yang disorot adalah perlunya PT. Bina Raya Perkasa untuk segera mengajukan Permohonan Izin Pengusahaan Sumber Daya Air. Selain itu, perusahaan juga diminta untuk menghentikan kegiatan konstruksi hingga izin tersebut diterbitkan.

Tindakan ini diambil setelah tim teknis dari BWS Bali-Penida melakukan pemantauan dan menindaklanjuti informasi publik tentang potensi penyempitan Tukad Petanu DAS Petanu. Langkah ini sebagai upaya untuk memastikan bahwa kegiatan pembangunan tidak merugikan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta, turut menanggapi serius masalah ini. Sebelumnya, Ia telah berkomunikasi dengan kepala BWS Bali-Penida untuk memastikan bahwa laporan masyarakat segera ditindaklanjuti.

“Saya telah berkomunikasi dengan kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida, agar segera menindaklanjuti laporan masyarakat ini dan posisi sungai dikembalikan seperti semula,” tegas politisi PDI Perjuangan asal Guwang ini.

Lebih lanjut, Nyoman Parta juga mengirimkan surat laporan masyarakat kepada komisi V DPR RI yang bertanggung jawab dalam penanganan masalah lingkungan hidup.

“Saya juga telah meneruskan surat laporan masyarakat ke komisi V DPR RI yang membidangi persoalan tersebut untuk ditindak lanjuti,” ujarnya.

Tindakan yang diambil oleh BWS Bali-Penida dan dukungan dari Nyoman Parta menunjukkan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan memastikan bahwa setiap pembangunan dilakukan dengan memperhatikan aspek-aspek lingkungan yang berkesinambungan. (*)

Tak Hanya Sekedar Hiburan, Ini Manfaat Membaca Novel yang Perlu Dipertimbangkan

INTERMESO, Balinews.id – Membaca novel seringkali dianggap sebagai hiburan semata bagi sebagian orang. Namun, ada…

May 14, 2024

Dikira Ngancam Pakai Pisau, Ternyata Pembuka Tutup Botol

DENPASAR, Balinews.id – Sepasang suami istri penjual nasi goreng di daerah Pemogan Denpasar Selatan mendapat ancaman dari…

May 14, 2024

Sempat Ngaku Sakit, Nyoman Panca Ditemukan Tewas Telanjang di Kamar Kos

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria asal Buleleng bernama I Dewa Nyoman Panca (54) ditemukan tak…

May 14, 2024

Bule Australia Dideportasi Akibat KDRT Dengan Istrinya yang Merupakan WNI

BADUNG, Balinews.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, melalui Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim)…

May 14, 2024

Ancam Pedagang Nasgor di Pemogan dengan Sajam, Pria Ini Akhirnya Minta Maaf

VIRAL, Balinews.id – Warganet dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan seorang pria membawa senjata tajam…

May 14, 2024