Di Gianyar Satu Keluarga Positif Covid-19, Keluarga Lakukan Isolasi Mandiri

GIANYAR, BaliNews.id – Satu keluarga di Gianyar terkonfirmasi positif Covid-19. Ketiga orang tersebut yakni IAEW (36), jenis kelamin perempuan dam pekerjaan guru. Kedua, IBAM (40) jenis kelamin laki laki dan pekerjaan karyawan swasta. Ketiga, IAAKP (11) jenis kelamin perempuan dan pekerjaan pelajar. Keluarga ini sebelumnya pernah kontak dengan kasus positif yang berasal dari Klungkung. Hal itu diungkapkan Ketua Harian Satgas Covid-19 Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, Minggu (7/6).

Lebih lanjut dikatakanya, pada tanggal 21 Mei 2020 keluarga tersebut, berkunjung ke Klungkung, ke rumah ibu kandung IAEW. Ibu dari IAEW tersebut, sudah  terkonfirmasi Covid-19, pasien positif yang berjualan di Pasar Galiran Klungkung. “Pada tanggal 25 Mei 2020, IAEW mengalami demam dan langsung berobat ke praktek dokter daerah Kampung Tinggi Gianyar dan daerah Bitera,” jelasnya. 

Karena sempat kontak dengan pasien positif di Klungkung, keluarga ini melakukan Swab mandiri di RSUP Sanglah pada 5 Juni 2020 hasilnya keluar 6 Juni 2020. Dari empat orang anggota keluarga ini, tiga diantaranya positif sar cov 2 (Covid-19). “Pada tanggal 6 juni 2020 malam, ketiga penderita sudah dirawat di ruang isolasi RSUP Sanglah Denpasar,” ungkapnya.

BACA JUGA  KESATRIA KERIS BERYADNYA DARAH

Selanjutnya, pada 7 juni 2020 dilakukan tracing kontak oleh Dinas Kesehatan Gianyar bersama Puskesmas Gianyar 1. Ada 11 orang  kontak erat di rumah penderita akan dilakukan rapid dan swab. Dan akan dilakukan tracing lanjutan di tempat kerja yang bersangkutan. “Keluarga tersebut telah melakukan karantina mandiri.

Dan keluarga itu sebelum sakit biasa berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar gianyar,” ujarnya.

Selain itu, juga ada tambahan positif Covid-19. DKGP (23) asal Manukaya Tampaksiring. Penderita merupakan calon pelaku perjalanan yang mencari surat keterangan sehat untuk bepergian ke luar daerah. “Yang bersangkutan melakukan pemeriksaan mandiri di RSPTN Udayana tanggal 3

Juni 2020. Pada 6 Juni 2020 hasil pemeriksaan PCR keluar, dimana yang bersangkutan konfirmasi sar cov 2 (Covid-19). Malam itu juga langsung dirawat di RSPTN Udayana. Selanjutnjya juga akan dilakukan tracing kontak erat, untuk dilakukan rapid test dan swab test,” pungkasnya. 

BACA JUGA  246 SISWA TERCECER DALAM PPDB SMA, EMPAT SMAN TAMBAH ROMBEL

Sampai hari ini di Gianyar total positif sebanyak 42 kasus (1 kasus luar wilayah), sembuh tetap 28 orang, dalam perawatan 12 kasus dan kasus meninggal 1 orang. dt