Dewan Dukung PTM Ditunda, Utamakan Keselamatan Anak Didik

I Wayan Swarjaya

GIANYAR, Balinews.id – Langkah yang diambil Bupati Gianyar Made Mahayastra menunda Pembelajaran Tatap Muka (PTM), yang rencananya dimulai awal semester genap sangat tetap. Mengingat penyebaran Covid-19 meningkat. Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi 4 DPRD Gianyar, I Wayan Swarjaya, Sabtu (2/12/2021).

Lebih lanjut dikatakanya, penundaan PTM merupakan  pilihan yang bijak dan tepat dari Bupati Gianyar.  Dimana dalam hal ini, pemerintah lebih mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan anak didik ditengah penyebaran Covid -19 yg belum mereda. “Ini merupakan keputusan yang bijak dan tepat yang diambil Bupati Gianyar,” ujarnya.

Dikatakanya, penundaan PTM bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan agar pelaksanaan PTM nantinya bisa lebih maksimal.

BACA JUGA  PJS Bupati Karangasem Pantau Kesiapan Puskesmas Rujukan COVID-19

“Kesiapan siswanya, guru dan orang tua bisa lebih maksimal dalam penyelenggaraan PTM,” jelasnya.

Menurut Politisi PDIP ini, untuk saat ini lebih baik pembelajaran lewat daring, sambil menunggu vaksinasi dan penurunan penyebaran Covid -19. “Kita tunggu sampai penyebaran Covid-19 menurut. Sehingga PTM bisa dilaksakan dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

Ditegaskanya, pembelajaran daring merupakan salah satu upaya untuk memutus penyebaran Covid-19. Karena kalau dipaksakan dilaksanakan PTM, penyebaran Covid-19 kemungkinan akan  terjadi. “Kalau PTM dilaksanakan, walaupun saat belajar protokol kesehatan diterapkan secara ketat, pasti akan terjadi kerumunan saat siswa pulang sekolah,” tegasnya.

Karena itu, menurutnya, sangatlah tepat kalau saat ini tidak  melaksanakan PTM. Hanya saja, pemerintah juga harus memperhatikan kebutuhan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring. “Jangan sampai karena tidak memiliki kuota internet, orang tua siswa memaksa agar dilaksanakan PTM. Saya harap orang tua juga memahami keadaan saat ini, kalah dipaksa PTM, siapa yang berani menjamin tidak akan ada penyebaran Covid-19. Mari kita dukung langkah yang diambil Bupati Gianyar,” pungkasnya. (dt)

Facebook Comments