Balinews.id

TPA Suwung Kebakaran, Tim Damkar Berhasil Padamkan Api Dalam 5 Jam

Pemadaman Api TPA Suwung, Rabu (8/4/24). Sumber foto: istimewa

Denpasar, Balinews. id – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung Kota Denpasar kembali mengalami  kebakaran pada Rabu (8/5/24).

Alhasil, Tim Pemadam Kebakaran Kota Denpasar yang dibantu Tim Damkar Kabupaten Badung, BPBD Peovinsi Bali dan Pelindo ini berhasil memadamkan api setelah berjibaku kurang lebih 5 jam,

Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Denpasar, I Made Tirana menjelaskan, musibah kebakaran TPA Suwung ini terjadi sekitar Pukul 15.30 Wita. Dimana, titik api bermula dari tumpukan sampah sisi barat dekat kolam Lindi.

Untuk menangani kejadian tersebut, Tim Damkar Kota Denpasar langsung berkordinasi dengan mengerahkan sedikitnya 5 unit armada, dibantu 5 unit armada Damkar Kabupaten Badung, 1 unit armada Pelindo dan 2 unit mobil tangki BPBD Provinsi Bali.

Sedikitnya seluas 0,35 Hektar atau 35 are diperkirakan terbakar. Dimana, fokus penanganan menggunakan sistem manual dengan mengeruk area yang terbakar untuk selanjutnya disemprot menggunakan air.

“Kita bersyukur, dengan teknik ini api dapat dipadamkan, kurang lebih selama 5 jam, dan semoga tidak timbul api lagi, setelah titik api padam, tahap selanjutnya adalah pendinginan kurang lebih selama 3 jam, setelah itu akan stand by armada 3 unit sebagai langkah antisipasi,” ujar Tirana.

Sementara itu, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengaku bersyukur api kebakaran TPA Suwung dapat dipadamkan segera.

“Yang pertama saya bersyukur api dapat segera padam, yang kedua saya menyampaikan terimakasih  semua pihak, terutama kepada Tim Damkar yang bertugas sehingga pemadaman api dapat dioptimalkan, ini juga berkat kerjasama dan peningkatan ketrampilan operator damkar yang sudah optimal, sekali lagi terimakasih,” ujar Jaya Negara.

Pasca kebakaran tersebut, Kamis (9/5/24) proses pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung dipastikan sudah kembali lancar. Hal ini lantaran proses penanganan kebakaran di TPA tersebut memasuki tahap pendinginan, yang mana titik api telah dinyatakan nihil.(*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

May 10, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

May 10, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

May 10, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

May 10, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

May 10, 2024