Balinews.id

Tahun Ini, Distan Denpasar Targetkan Vaksinasi Rabies Sasar 73.975 HPR

DENPASAR, Balinews.id – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pertanian menegaskan komitmennya dalam mencegah penularan rabies di wilayahnya dengan menetapkan target ambisius untuk vaksinasi rabies pada tahun 2024. Dalam upaya serius mengantisipasi risiko yang mungkin timbul, target vaksinasi mencapai 73.975 Hewan Penular Rabies (HPR).

Kadis Pertanian Kota Denpasar, AA Gde Bayu Brahmasta, menegaskan bahwa pemerintah setempat telah mengalokasikan sumber daya dan melakukan langkah-langkah proaktif untuk memastikan keberhasilan program vaksinasi.

“Kami sangat konsen dengan pencegahan rabies, beragam upaya terus kami laksanakan untuk mendukung optimalisasi pencegahan rabies,” ujar Bayu.

Diperkirakan pada tahun 2024 ini, populasi anjing di Kota Denpasar akan mencapai 82.195 ekor. Dari jumlah tersebut, vaksinasi rabies ditargetkan untuk mencakup 90 persen dari total populasi, atau sekitar 73.975 ekor. Upaya ini memerlukan kerjasama lintas sektor untuk memastikan pencapaian target yang optimal.

Untuk mencapai sasaran tersebut, Tim Dinas Pertanian telah merancang serangkaian strategi, termasuk vaksinasi door to door di Desa/Kelurahan dan sterilisasi anjing liar untuk mengontrol populasi. Selain itu, kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) tentang bahaya Penyakit Rabies serta pengawasan lalu lintas Hewan Penular Rabies (HPR) juga menjadi fokus utama.

Kadis Pertanian berharap upaya berkelanjutan ini akan memastikan Kota Denpasar tetap menjadi destinasi wisata yang aman dan bebas rabies. Dengan keseriusan dan kerjasama yang terus menerus, diharapkan risiko penularan rabies dapat diminimalkan secara signifikan di kota ini.

“Semoga upaya pencegahan rabies berkelanjutan di Kota Denpasar dapat terus dioptimalkan, terlebih Bali, khususnya Kota Denpasar dikenal sebagai daerah wisata,” pungkasnya.

Tak Hanya Sekedar Hiburan, Ini Manfaat Membaca Novel yang Perlu Dipertimbangkan

INTERMESO, Balinews.id – Membaca novel seringkali dianggap sebagai hiburan semata bagi sebagian orang. Namun, ada…

April 11, 2024

Dikira Ngancam Pakai Pisau, Ternyata Pembuka Tutup Botol

DENPASAR, Balinews.id – Sepasang suami istri penjual nasi goreng di daerah Pemogan Denpasar Selatan mendapat ancaman dari…

April 11, 2024

Sempat Ngaku Sakit, Nyoman Panca Ditemukan Tewas Telanjang di Kamar Kos

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria asal Buleleng bernama I Dewa Nyoman Panca (54) ditemukan tak…

April 11, 2024

Bule Australia Dideportasi Akibat KDRT Dengan Istrinya yang Merupakan WNI

BADUNG, Balinews.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, melalui Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim)…

April 11, 2024

Ancam Pedagang Nasgor di Pemogan dengan Sajam, Pria Ini Akhirnya Minta Maaf

VIRAL, Balinews.id – Warganet dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan seorang pria membawa senjata tajam…

April 11, 2024