Balinews.id

Satpol PP Bali Panggil Pengibing dan Penari Joged Bumbung Erotis Untuk Diberi Edukasi

Satpol PP Bali panggil pengibing dan penari joged Bumbung yang viral di media sosial. Sumber foto: IG/Satpol PP Bali

Denpasar, Balinews.id – Satpol PP Provinsi Bali memanggil oknum penari joged Bumbung dan pengibing yang dengan mengenakan pakaian pemangku yang sempat viral di sosial media, Rabu (8/5/24).

Pemanggilan ini bertujuan untuk memberikan edukasi agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Dijelaskan bahwa kejadian itu terjadi pada saat pelaksanaan piodalan di Merajan milik pengibing joged.

Pengibing laki-laki mengungkapkan, kejadian tersebut berawal dari adanya sesangi atau janji sekitar 4 tahun lalu. Janji itu terkait pelunasan pinjaman kredit pembelian truk.

Jika ia berhasil melunasi pinjaman kredit tersebut, maka ia akan ngaturang joged barung 3 di depan pelinggih rong telu di rumahnya.

Lantas ia mengaku ngibing untuk mewakili keluarga karena saat itu tidak ada yang mau ditunjuk sebagai pengibing. Video itu pun lantas viral di media sosial.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali I Dewa Nyoman Rai Dharmadi, pun meminta agar ke depan penari joged dan pengibing tidak mengulangi hal serupa.

“Jangan sampai kita sendiri yang membuat kebudayaan kita tercemar dan lama-lama menghilang, terkubur oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali.

Oknum joged dan pengibing yang menarikan Joged Bumbung diluar pakem tersebut telah menandatangani surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya tersebut.

Tari Joged Bumbung sudah masuk menjadi warisan budaya tak benda oleh Unesco jadi dalam menampilkan warisan budaya ini harus sesuai dengan pakem. Kasat Pol PP Provinsi Bali juga berharap kepada masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial karena sudah ada UU ITE sehingga video yang mengarah pornografi baik pelaku dan yang menyebarkan bisa terjerat hukum. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

May 9, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

May 9, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

May 9, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

May 9, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

May 9, 2024