Balinews.id

Peras Investor, Bendesa Adat Berawa Ditahan di Lapas Kerobokan

Bendesa adat Berawa ditangkap oleh penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali di Restauran Casa Bunga, Kamis (1/5/24). Sumber foto: istimewa

Denpasar, Balinews.idBendesa Adat Berawa, I Ketut Riana kini ditahan di Lapas Kerobokan selama 20 hari ke depan. Hal ini karena berkas perkara kasus dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan Bendesa Adat Berawa telah rampung. Tersangka dan barang bukti telah diserahkan ke penuntut umum, Jumat (17/5/24).

“Berkas Perkara atas nama tersangka I Ketut Riana dinyatakan lengkap atau P-21. Proses penyerahan tersebut, tersangka didampingi oleh lima penasehat hukumnya,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Bali Putu Agus Eka Sabana Putra.

I Ketut Riana didakwa dengan Pasal 12 huruf e jp Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Sebelumnya Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali telah memeriksa saksi-saksi dan dan menyita barang bukti terkait kasus operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bendesa Adat Berawa.

I Ketut Riana ditangkap penyidik dari Kejaksaan Tinggi Bali setelah menerima uang pemerasan Rp100 juta. Bendesa adat ini sebelumnya sudah menerima uang Rp50 juta sebagai DP dari pengusaha yang diduga diperasnya.

Bendesa adat ini ditetapkan sebagai tersangka setelah sebelumnya diduga melakukan pemerasan terhadap seorang pengusaha yang hendak membeli tanah di sana. Uang yang diminta oleh bendesa adat Berawa ini bernilai fantatis yakni mencapai Rp10 miliar. Dari permintaan itu, tersangka baru diterima Rp150 juta. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

May 18, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

May 18, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

May 18, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

May 18, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

May 18, 2024