Balinews.id

Operasi Ketupat Agung 2024, Strategi Polda Bali Amankan Arus Mudik dan Balik Idul Fitri

Pj. Gubernur Bali, Irjen Pol. (Purn) Sang Made Mahendra Jaya, serta Kapolda Bali, Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra saat memimpin Apel Operasi Ketupat Agung. (Istimewa)

DENPASAR, Balinews.id – Polda Bali memulai langkah strategisnya untuk mengamankan arus mudik dan balik selama perayaan Idul Fitri dengan meluncurkan Operasi Ketupat Agung-2024.  Dalam upaya menyelenggarakan operasi ini, apel gelar pasukan dilakukan dengan megah di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon Denpasar pada Rabu (3/4).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Pj. Gubernur Bali, Irjen Pol. (Purn) Sang Made Mahendra Jaya, serta Kapolda Bali, Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra.

Dalam apel tersebut, Kapolda Bali membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo yang menegaskan urgensi sinergi antara TNI-Polri dengan seluruh pemangku kepentingan terkait dalam menjaga keamanan selama momentum arus mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 H.

Nantinya, Operasi Ketupat Agung-2024 akan melibatkan 5.784 pos pengamanan, pelayanan, dan terpadu, yang tersebar di jalur-jalur rawan seperti titik kemacetan, kecelakaan, kejahatan, dan potensi bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Melalui pos-pos tersebut, diharapkan pelayanan dan pengamanan yang optimal dapat diberikan kepada masyarakat.

Selain fokus pada pengamanan lalu lintas dan ketertiban umum, stabilitas harga serta ketersediaan bahan pokok dan BBM juga menjadi perhatian utama. Untuk itu, koordinasi antar-pemangku kepentingan akan ditingkatkan guna menjaga stok dan stabilitas harga.

Hasil survei menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mengalami peningkatan signifikan menjadi 89,5%, naik 15,7% dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan ini mencerminkan apresiasi masyarakat terhadap upaya bersama dalam menjaga keamanan arus mudik yang perlu ditingkatkan secara berkelanjutan.

“Saya yakin, dengan upaya bersama, kita dapat menciptakan suasana mudik yang aman, ceria, dan penuh makna, serta mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat selama momentum hari raya Idul Fitri,” ujar Sang Made Mahendra Jaya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel pengamanan dan pemangku kepentingan terkait atas partisipasinya dalam mendukung Operasi Ketupat Agung-2024. Diharapkan, sinergi antar pemangku kepentingan akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga keamanan selama Hari Raya Idul Fitri tahun ini. (*)

Duo Pencuri Motor di Jalan Poppies Kuta Dibekuk, 1 Melarikan Diri

BADUNG, Balinews.id – Dua dari tiga komplotan pelaku pencurian motor yakni Dodi Andika (23) asal…

April 3, 2024

Diduga Mengantuk, Mobil Pick Up Terguling Hingga Nyemplung di Got

Tabanan, Balinews.id – Seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama Maridwan D. Obhetan (26)…

April 3, 2024

Kemenperin Batasi Impor Barang Elektronik, Kulkas – Laptop Masuk Daftar

Balinews.id – Dalam mendukung iklim usaha yang kondusif bagi industri elektronik nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)…

April 3, 2024

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

Jakarta, Balinews.id – Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis…

April 3, 2024

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya…

April 3, 2024