Dekranasda Bali Pamerkan Kerajinan di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Badung, BaliNews.id – Kalangan pelaku UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali siap memamerkan berbagai produk kerajinan di areal keberangkatan Bandara I Gusti Ngurah Rai Kabupaten Badung.

“UMKM yang dipilih ini adalah yang memiliki produk unggulan. Di samping displai pameran, tersedia LCD TV yang memajang katalog produk UMKM Bali dan binaan BPD Bali,” kata Kepala BPD Bali Cabang Renon Ida Ayu Tri Rasmiwinari di Denpasar, Selasa (29/9).

Dekranasda Bali pamerkan kerajinan di Bandara I Gusti Ngurah Rai
Sejumlah perajin menyiapkan display pameran di di areal keberangkatan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung (Antaranews Bali/Dok Pemprov Bali/2020)

Pajangan untuk pameran diisi oleh tujuh UMKM binaan Dekranasda Provinsi Bali dan BPD Bali yakni Baliwa Songket, Reg Dupa, Putri Mas, Tenun Pastra, SS Silver, Tenun Putri Ayu, Poni’s Weaving Center.

BACA JUGA  BI Bali Optimistis QRIS Dapat Diterapkan Oleh Seluruh UMKM di Bali

“Jika ada yang tertarik, mereka bisa melihat-lihat produk di katalog lewat layar televisi. Untuk pembayarannya memakai QRIS,” ujar Tri Rasmiwinari.

Ia menambahkan pameran ini akan diluncurkan pada 9 Oktober mendatang, berbarengan dengan pameran virtual Dekranasda Provinsi Bali.

Salah satu perajin, Ketut Sri Poni dari Poni’s Weaving Center yang ditemui di sela-sela kegiatan itu berharap, dengan adanya displai pameran di Bandara I Gusti Ngurah Rai ini, pemasaran songket khas Jinang Dalem Buleleng akan menjadi lebih dikenal.

Menurut dia, selama ini songket produk Jinang Dalem sempat “tertidur” karèna lesunya pemasaran.

Awalnya, ia sempat dibina pihak Garuda dan diajak berpameran ke Jakarta. Sejak itu ia membangkitkan kembali para perajin. Namun, pandemi COVID-19 melesukan pasar.

BACA JUGA  Empat Tempat Usaha Ludes Terbakar di Denpasar

“Syukurlah ada binaan Dekranasda. Kami berharap dengan adanya display pameran ini, maka pemasaran songket Jinang Dalem kembali naik daun. Kami memiliki ciri khas songket jumputan dan songket ‘full’ sutera,” kata Sri Poni. (an)

Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor : Maximianus Hari Atmoko

Facebook Comments

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id