Datang ke Banjar Bawa Sampah Plastik, Pulangnya Bawa 12 Kg Beras

Gianyar, BaliNews.id – TOLTOL adalah nama dari komunitas peduli lingkungan, mereka sudah bergerak dari tahun 2015 untuk Desa Batuan Kaler. Awalnya mereka berperan aktif untuk membesihkan sungai, sebagai upaya bebas dari sampah plastik dan dilanjutkan dengan menebar bibit ikan. Tidak hanya disungai membersihkan sampah plastik, TOLTOL juga aktif menjaga kebersihan lingkungan pura  dan tempat umum lainnya. Sebagai bentuk edukasi TOLTOL juga melibatkan anak-anak sekolah, komunitas yang ada disekitarnya dan warga untuk ikut terlibat menjaga lingkungan agar tidak lagi membuang sampah sembarangan. Dan sampai saat ini, TOLTOL terus bergerak untuk membersihkan lingkungan Desanya.

Datang ke Banjar Bawa Sampah Plastik, Pulangnya Bawa 12 Kg Beras!
Datang ke Banjar Bawa Sampah Plastik, Pulangnya Bawa 12 Kg Beras!

Tidak hanya fokus untuk membersihkan lingkungan, melalui kegiatan The Plastic Exchange di Balai Banjar Blahtanah, Desa Batuan Kaler komunitas TOLTOL berbagi beras bagi setiap warga yang datang dengan membawa sampah plastik kemudian ditukarkan dengan beras. Tentunya ada sistem yang sudah ditentukan, dimana warga mengumpulkan sampah plastik yang telah terpilah sesuai katagori kemudian ditukarkan dengan point untuk mendapatkan beras. “Kebetulan sekali saya ada warung, kalau ada sampah plastik biasa dikumpulkan” ujar Ni Wayan Sumerti, yang pulang membawa 11 Kg beras.

BACA JUGA  Nyoman Parta Geram Covid-19 Dijadikan Kesempatan Untuk Melakukan PHK Besar-besaran
Datang ke Banjar Bawa Sampah Plastik, Pulangnya Bawa 12 Kg Beras!
Datang ke Banjar Bawa Sampah Plastik, Pulangnya Bawa 12 Kg Beras!

Pemerintah Desa Batuan Kaler, menyambut baik kegiatan ini dan bisa dilanjutkan kembali. “Dalam rangka merawat lingkungan, khususnya dalam sampah plastik TOLTOL sangat antuias membantu kami. Harapan kita kedepannya kebersihan lingkungan khususnya di Desa Batuan Kaler bisa lebih ditingkatkan”. Ujar I Wayan Suarma, Kepala Desa Batuan Kaler yang didampingi Bimas Gusti Ngurah Jumaya dan Babinsa Nyoman Wirayasa.

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Selanjutnya »

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id