Balinews.id

Unik! Aksi Bakti Sosial Sekaligus Implementasi Danu Kerthi Oleh Fakultas Hukum Unmas Denpasar

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Fakultas Hukum Unmas Denpasar di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, pada Sabtu (18/5).

BULELENG, Balinews.id- Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati (FH Unmas) Denpasar bersama LSM Bli Braya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, pada Sabtu (18/5).

Pengabdian Masyarakat Terpadu ini merupakan giat untuk turut menyukseskan Kegiatan World Water Forum (WWF) 2024 pada Sektor Sumber Daya Air dan implementasi Danu Kerthi untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Acara diikuti oleh 200 orang mahasiswa, 40 dosen, dan 50 anggota LSM Bli Braya. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 wita, diawali dengan persembahyangan bersama. Dilanjutkan dengan pembukaan resmi oleh Dekan FH Unmas sekaligus Ketua Bli Braya, Dr. Kt. Sukawati Lanang P. Perbawa, S.H., M.Hum.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, terutama sumber daya air yang sangat penting bagi kehidupan kita semua,” ujar Lanang Perbawa dalam sambutannya.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan punia untuk pura dan pemangku sebagai bentuk penghormatan dan dukungan kepada tempat suci tersebut. Para peserta juga turut melaksanakan kegiatan bersih-bersih di area pura dan sekitarnya. Upaya ini tidak hanya untuk menjaga kebersihan, tetapi juga sebagai simbol kepedulian terhadap lingkungan tempat ibadah yang harus selalu dijaga kebersihannya.

Sebagai bentuk nyata implementasi konsep Danu Kerthi sekaligus bertepatan dengan perayaan Tumpek Uye/Kandang, dilakukan pelepasan simbolis 11 ekor burung di Pura Ulun Danu serta pelepasan 20.000 ekor bibit ikan di Danau Buyan. Aksi ini merupakan bentuk nyata pelestarian sumber daya air dan ekosistemnya.

“Ya, selain menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini merupakan bentuk mendukung terhadap pelaksanaan World Water Forum (WWF) 2024. Sejalan dengan penghargaan yang diberikan oleh UNESCO kepada Bali atas keberhasilan dalam menjaga sumber-sumber air,” jelasnya.

Bagian penting lainnya dari acara ini adalah penyuluhan hukum yang ditujukan kepada warga dan siswa SMA Candi Emas Pancasari. Penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hukum dan pentingnya kepatuhan terhadap aturan yang berlaku.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan sinergi yang harmonis antara akademisi, LSM, dan masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat. Sehingga warisan alam Bali dapat terus terjaga dan dinikmati oleh generasi mendatang. (*)

 

 

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

May 18, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

May 18, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

May 18, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

May 18, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

May 18, 2024