Balinews.id

Pj Bupati Buleleng Klarifikasi Batal Tampilnya Sekaa Gong Legendaris di Hut Kota Singaraja 420

Pj Bupati Buleleng Klarifikasi Batal Tampilnya Sekaa Gong Legendaris di Hut Kota Singaraja 420. Sumber foto: istimewa

Buleleng, Balinews.id – Batal tampilnya sekaa gong legendaris pada penutupan HUT Kota Singaraja ke-420 menimbulkan kekecewaan. Pj. Bupati Buleleng Lihadnyana akhirnya menyampaikan klarifikasi atas kejadian tersebut.

Usai Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Buleleng pada Senin (1/4/24), Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menyampaikan bahwa sudah melakukan pertemuan langsung saat itu juga bersama kelihan sekaa gong dan sudah diterima dengan baik. Pihaknya juga sudah melakukan upacara guru piduka kepada sekaha gong dari Banjar Paketan dan Jagaraga.

“Intinya Pemkab Buleleng tidak hanya hari ini bahkan dari tahun lalu selalu memberikan prioritas terhadap pelaku seni, adat dan musisi serta selalu memberikan ruang untuk tampil,” sambungnya.

Kedepan pihaknya akan terus melakukan evaluasi bahwasannya kesenian tradisional tidak bisa dipadukan dengan kesenian modern dan harus dikhususkan.

“Ini mengingatkan kita bahwa hidup akan terus berproses dan selalu akan ada evaluasi untuk arah yang lebih baik,” ucapnya.

Lihadnyana menegaskan bahwa penampilan sekaa gong legendaris saat itu tidak dibatalkan. Sebelumnya, sekaa gong legendaris sudah tampil namun penampilannya diselingi oleh band dan penampilan fashions show.

Ia menyampaikan hal ini akan dievaluasi kembali karena gong legendaris ini memiliki taksu tersendiri dan tidak bisa diselingi dengan kesenian modern.

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Buleleng akan kembali memberikan ruang tampil kepada pelaku seni khususnya yang akan tampil di acara Pesta Kesenian Bali (PKB) mendatang untuk unjuk gigi dihadapan masyarakat Buleleng yang rencananya akan diselenggarakan di Taman Bung Karno.

“Pra PKB kita akan pentaskan dulu disini, itu artinya komitmen pemerintah tidak akan pernah surut untuk memberikan ruang dan prioritas terhadap pelaku seni kita dan harus bangga bahwa di Buleleng sangat banyak memiliki maestro orang Buleleng. Mungkin pengaturannya akan kita evaluasi kembali,” pungkasnya. (*)

Duo Pencuri Motor di Jalan Poppies Kuta Dibekuk, 1 Melarikan Diri

BADUNG, Balinews.id – Dua dari tiga komplotan pelaku pencurian motor yakni Dodi Andika (23) asal…

April 3, 2024

Diduga Mengantuk, Mobil Pick Up Terguling Hingga Nyemplung di Got

Tabanan, Balinews.id – Seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama Maridwan D. Obhetan (26)…

April 3, 2024

Kemenperin Batasi Impor Barang Elektronik, Kulkas – Laptop Masuk Daftar

Balinews.id – Dalam mendukung iklim usaha yang kondusif bagi industri elektronik nasional, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)…

April 3, 2024

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

Jakarta, Balinews.id – Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis…

April 3, 2024

Kubu Prabowo Upayakan Rekonsiliasi

NASIONAL, Balinews.id – Calon Presiden sekaligus pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Prabowo Subianto terus berupaya…

April 3, 2024