Balinews.id

Pernyataan BMKG soal Gempa 4,4 Magnitudo yang Guncang Buleleng Dini Hari

Gempa 4,4 magnitudo guncang Bali, Rabu (24/5). (Foto: BMKG)

Balinews.id – Gempa bumi berkekuatan 4,4 magnitudo mengguncang Buleleng Bali pada Rabu (24/5) dini hari. Pusat gempa berada di darat, 20 kilometer tenggara Buleleng dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan getaran gempa dirasakan hampir di seluruh wilayah Bali. Gempa disebabkan oleh aktivitas sesar aktif di darat, bukan karena sesar naik di laut utara Bali yang pernah memicu gempa Lombok pada 2018.

“Gempa Buleleng magnitudo 4,4 yang sempat menggetarkan hampir seluruh Pulau Bali dipicu oleh aktivitas patahan aktif mekanisme geser di daratan (Buleleng), dan bukan dipicu oleh sumber gempa sesar naik Back Arc Thrusting,” jelas Daryono dalam keterangannya, Rabu (24/5), dilansir Kumparan.

“Back Arc Thrusting itu sesar naik di laut utara Bali, memanjang ke timur melalui utara Lombok, Sumbawa, Manggarai sampai Flores. Sesar ini galak banget termasuk yang memicu gempa Lombok 2018,” tambahnya.

BMKG memastikan gempa tidak berpotensi tsunami. Namun dirasakan di sejumlah wilayah di Bali. Di Buleleng gempa dirasakan dalam skala IV MMI. Kemudian di Karangasem III-IV MMI, Bangli II MMI, dan Denpasar II MMI.

Adapun IV MMI getarannya seperti dirasakan banyak orang dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Lalu III MMI seperti getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan II MMI seperti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” kata Daryono. Daryono memastikan gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 02.05 WITA baru tercatat satu gempa susulan.

“Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkas Daryono. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

May 24, 2023

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

May 24, 2023

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

May 24, 2023

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

May 24, 2023

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

May 24, 2023