Bandara Ngurah Rai Layani 5 Juta Penumpan Selama Januari – Agustus 2020

Badung, BaliNews.id – Pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali mencatat telah melayani sebanyak lima juta orang penumpang yang terangkut melalui 41 ribu pergerakan pesawat udara selama periode bulan Januari hingga akhir Agustus 2020.

“Dengan jumlah catatan penumpang sebanyak 5.045.479 orang penumpang serta 41.123 pergerakan pesawat udara, statistik yang tercatat selama delapan bulan berjalan di tahun 2020 masih jauh jika dibandingkan dengan catatan statistik pada periode yang sama di tahun 2019 lalu,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Herry A.Y. Sikado di Kabupaten Badung, Selasa.

Bandara Ngurah Rai Layani 5 Juta Penumpan Selama Januari Agustus 2020
Penumpang pesawat rute domestik membawa barang bawaan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Jumat (17/7/2020) lalu. ANTARA/Fikri Yusuf

Ia menjelaskan, pada periode pencatatan yang sama di tahun 2019 lalu, terdapat 15.719.757 orang penumpang yang terangkut melalui 101.569 pergerakan pesawat udara. “Selisih masih sangat jauh antara kedua periode. Untuk penumpang, selisih sekitar satu juta penumpang atau turun 68 persen. Sedangkan untuk pergerakan pesawat turun 59 persen dengan selisih 60 ribu pergerakan,” katanya.

BACA JUGA  Pemkab Tabanan Siapkan Protokol Kesehatan Untuk Pilkada 2020

Meskipun mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya, menurut Herry Sikado pihaknya mencatat terjadi tren jumlah penumpang dan pergerakan pesawat yang terus bertumbuh tiap bulannya.

Pertumbuhan tersebut salah satunya terjadi setelah dibukanya kembali sektor pariwisata di Pulau Dewata bagi wisatawan domestik sejak 31 Juli yang lalu.

Untuk itu, pihaknya ini telah melakukan berbagai langkah antisipasi seperti dengan menyiapkan infrastruktur serta dengan pengelolaan kapasitas terminal. Saat ini, terminal penumpang telah difungsikan sebesar 50 persen dari kapasitas optimal terminal, setelah sebelumnya hanya berfungsi sebesar 35 persen.

“Protokol kesehatan pencegahan pandemi COVID-19 juga tetap diterapkan secara maksimal, semuanya tetap kami jalankan secara optimal demi terselenggaranya kegiatan transportasi udara yang aman dan nyaman,” ujarnya. (an)

BACA JUGA  Istri Bupati Gianyar Serahkan Tumbler Untuk Anak-anak SD di Desa Medahan

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor : Budi Suyanto

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id