Balinews.id

Overstay dan Meresahkan, Bule Asal Aljazair Segera Dideportasi

WNA asal Aljazair berinisial SAB (38) diamankan di sebuah penginapan di Legian. (Istimewa)

BADUNG, Balinews.id – Seorang WNA asal Aljazair berinisial SAB (38) diamankan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai akibat melanggar izin tinggal atau overstay. SAB diamankan oleh tim Inteldakim Imigrasi Ngurah Rai disebuah penginapan pada wilayah Legian, Rabu (17/4/2024).

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Suhendra menerangkan bahwa penindakan terhadap bule tersebut bermula dari laporan masyarakat melalui kanal WhatsApp resmi Imigrasi Ngurah Rai. Laporan tersebut menyoroti keberadaan dan kegiatan WNA di lingkungan tersebut yang menimbulkan keresahan.

“Kami menerima pesan WhatsApp dari masyarakat yang melaporkan adanya WNA yang sering berbuat onar serta diduga overstay. Tim pengaduan masyarakat kemudian mengumpulkan informasi lebih lanjut dari pelapor serta melakukan pengecekan pada database keimigrasian,” terang Suhendra.

Usai menerima informasi, pihaknya bekerjasama dengan bidang Inteldakim untuk melakukan pengawasan keimigrasian. Diketahui SAB terakhir kali masuk ke wilayah Indonesia melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada 17 Mei 2022 dengan menggunakan visa kunjungan indeks B211. Namun, izin tinggalnya sudah habis masa berlakunya sejak 15 September 2023.

Saat ini, SAB telah diamankan di ruang detensi Imigrasi Ngurah Rai sambil menunggu proses pendeportasian. SAB dikenakan pelanggaran keimigrasian sesuai dengan pasal 78 ayat (3) UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, dan akan dijatuhi Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) berupa deportasi serta namanya akan diusulkan masuk dalam daftar penangkalan.

“Sangat kami harapkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan keberadaan WNA guna menjaga keamanan, ketertiban, serta mendukung ekosistem pariwisata di Bali. Apabila terdapat WNA yang dicurigai atau diduga melanggar aturan keimigrasian, masyarakat dapat melaporkannya melalui kanal-kanal media sosial resmi Imigrasi Ngurah Rai,” pungkas Suhendra. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

April 18, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

April 18, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

April 18, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

April 18, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

April 18, 2024