Balinews.id

Badung Dorong Petani Beralih Gunakan Pupuk Organik

Panen perdana padi organik di Subak Ayunan Abiansemal, Badung beberapa waktu yang lalu.

BaliNews.id-BADUNG – Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Badung, Bali, mendorong para petani setempat untuk dapat beralih dari sebelumnya menggunakan pupuk kimia, ke pupuk organik.

“Melihat hasil produksi panen padi organik di Subak Ayunan Abiansemal, kami berharap ke depannya para petani dapat beralih dari menggunakan pupuk kimia ke pupuk organik,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Badung I Wayan Wijana di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, penggunaan pupuk organik memiliki keunggulan seperti perawatan dan pemakaiannya jauh lebih mudah dan hasil dari produk tersebut juga lebih menjanjikan dan bagus untuk di konsumsi bagi kesehatan karena jauh dari unsur kimia.

“Penggunaan pupuk organik ini juga bermanfaat untuk kelestarian lingkungan dan mengembalikan kualitas tanah,” katanya.

“Mereka murni memakai pupuk organik, hasil pemanfaatan pupuk organik dapat menghasilkan produk pertanian yang lebih baik untuk petani. Dengan biaya produksi jauh lebih rendah,” ungkapnya.

Wayan Wijana menambahkan, Pemkab Badung akan terus bersinergi dengan para ahli pertanian dan petani untuk membangun Badung yang kuat baik sandang tentu dengan pangan ke depan.

“Untuk para petani kami harapkan bisa membangun demplot tempat mengaplikasikan hasil pertanian dan pemanfaatan pupuk organik,” ujarnya.

Sementara itu, pendamping petani Subak Ayunan Abiansemal Made Marna mengungkapkan, pihaknya mengajak para petani untuk kembali ke kaidah masa lalu. Dimana penggunaan bahan kimia tidak dilakukan oleh para leluhur yang melakukan kegiatan pertanian di masa lalu

Menurutnya, penggunaan pupuk organik ini sangat sederhana dan dapat menghasilkan produksi padi organik ini cukup lumayan baik.

“Dengan penggunaan pupuk organik, selain dapat mengembalikan tanah dari kontaminasi dan polusi bahan-bahan kimia juga. Untuk menghasilkan produk pertanian yang lebih baik dan sehat serta aman dikonsumsi oleh tubuh,” katanya.

(ab/an)

Tak Hanya Sekedar Hiburan, Ini Manfaat Membaca Novel yang Perlu Dipertimbangkan

INTERMESO, Balinews.id – Membaca novel seringkali dianggap sebagai hiburan semata bagi sebagian orang. Namun, ada…

October 21, 2021

Dikira Ngancam Pakai Pisau, Ternyata Pembuka Tutup Botol

DENPASAR, Balinews.id – Sepasang suami istri penjual nasi goreng di daerah Pemogan Denpasar Selatan mendapat ancaman dari…

October 21, 2021

Sempat Ngaku Sakit, Nyoman Panca Ditemukan Tewas Telanjang di Kamar Kos

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria asal Buleleng bernama I Dewa Nyoman Panca (54) ditemukan tak…

October 21, 2021

Bule Australia Dideportasi Akibat KDRT Dengan Istrinya yang Merupakan WNI

BADUNG, Balinews.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, melalui Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim)…

October 21, 2021

Ancam Pedagang Nasgor di Pemogan dengan Sajam, Pria Ini Akhirnya Minta Maaf

VIRAL, Balinews.id – Warganet dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan seorang pria membawa senjata tajam…

October 21, 2021