Angka Kasus COVID-19 Meningkat, Status Buleleng Menjadi Zona Merah

Buleleng, BaliNews.id – Status Buleleng saat ini berubah dari zona orange menjadi zona merah. Perubahan menjadi zona merah artinya peningkatan kasus melonjak tinggi.  Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng pada Rabu (9/9), jumlah kumulatif pasien positif covid-19 sejak Maret hingga saat ini sudah mencapai 663 orang.  Sementara yang sudah dinyatakan sembuh, sebanyak 557 orang dan yang masih menjalani perawatan sebanyak 99 orang. Sedangkan total kasus kematian saat ini sudah mencapai 12 orang.

Sekda Buleleng, juga sebagai Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Gede Suyasa tidak menampik jika terdapat penambahan tiga kasus kematian akibat covid-19 di Buleleng. Ketiga pasien ini sebelumnya masuk sebagai data probable, karena saat meninggal dunia, hasil swab testnya belum keluar. Kini, Gugus Tugas pun telah menerima hasil swab test ketiga pasien tersebut, dan hasilnya terkonfirmasi positif covid-19. Sehingga Gugus Tugas memutuskan untuk memasukan data ke tiga almarhum itu pada kasus kemarin akibat covid-19.

BACA JUGA  DPRD Bali : Kesehatan Sembilan Anggota Dewan Positif COVID-19 Membaik
Angka Kasus COVID-19 Meningkat, Status Buleleng Menjadi Zona Merah
Angka Kasus COVID-19 Meningkat, Status Buleleng Menjadi Zona Merah

“Saat mereka meninggal dunia, hasil swab testnya belum keluar. Sehingga datanya belum kami rilis. Sekarang karena hasil swabnya sudah keluar, dan terkonfirmasi positif, maka data ke tiga almarhum ini masuk di dalam kasus kematian covid-19. Sebelum mendapatkan hasil swab test, kami sudah melakukan tracing kepada orang-orang yang sempat kontak erat dengan ketiga almarhum saat masih hidup. Tracing selalu kami lakukan ketika pasien sudah menunjukkan gejala ke arah covid-19,” jelas Suyasa. Rabu (9/9)

Gugus Tugas mengumumkan terdapat penambahan 27 kasus positif covid-19 di Buleleng. Dengan rincian dua kasus asal Kecamatan Tejakula. 16 kasus asal Kecamatan Buleleng. Satu kasus asal Kecamatan Sukasada. Tiga kasus asal Kecamatan Banjar. Dua kasus asal Kecamatan Sawan. Dua kasus asal Kecamatan Seririt. Dan satu kasus lainnya asal Kecamatan Gerokgak.

BACA JUGA  Polisi Amankan Puluhan Pelajar Gelar Balap Liar, Uang Taruhan Dibawa Kabur

Selain itu juga terdapat penambahan  26 pasien yang telah dinyatakan sembuh. Dengan rincian satu pasien asal Kecamatan Sawan. 24 pasien asal Kecamatan Buleleng. Dan satu pasien asal Kecamatan Banjar. Sehingga sisa jumlah pasien covid-19 yang masih menjalani perawatan sebanyak 99 orang. Dimana, 48 orang diantaranya dirawat di beberapa rumah sakit yang ada di Buleleng. Sementara 51 orang lainnya hanya menjalani isolasi mandiri di rumah. (JAR)

Editor : Agus Hendrawan ( BaliNews.id Tim )

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id