542 Pedagang Pasar Gianyar di Rapid Test, Dua Orang Reaktif 

GIANYAR, BaliNews.id – 542 orang pedagang di lokasi relokasi Pasar Umum Gianyar di Kelurahan Samplangan menjalani rapid test pada, Kamis (1/6/2020). Dua orang dinyatakan reaktif rapid test. Terhadap yang hasilnya reaktif akan dilakukan Swab Test. Hal itu diungkapkan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Gianyar, I Made Wisnu Wijaya.

Lebih lanjut dikatakanya, dari 542 yang mengikuti Rapid Test, hasilnya 540 non reaktif dan 2 orang reaktif. Terhadap dua orang yang dinyatakan reaktif, akan dilakukan swab test. “Yang diperiksa sebanyak 542 orang, dengan hasil sebanyak 540 dinyatakan non reaktif dan dua orang dinyatakan reaktif rapid test,” ujarnya.

Dikatakanya, rapid test ini akan dilanjutkan besok, Jumat (12/6/2020). “Terhadap 2 orang yang reaktif sebelum hasil swab turun diharapkan melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

BACA JUGA  2.000 masker diserahkan pada warga di Desa Peliatan Ubud

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Gianyar, Dr. Ida Ayu Cahyani, ditemui di lokasi rapid test mengatakan, bahwa secara epidemiologi karena pasar merupakan daerah atau tempat yang cukup banyak terdapat aktivitas, maka sebagai sampel atau permulaan dilakukan rapid test sebanyak tiga puluh persennya terlebih dahulu. “Secara epidemiologi, karena pasar merupakan suatu daerah yang cukup padat, kita ambil secara epidemiologi sebanyak tiga puluh persen. Apa bila nanti ada yang reaktif rapid test maka kita akan lakukan swab test terhadap yang bersangkutan,” ujarnya

Sedangkan Kadisperindag Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary, mengatakan, pihaknya hanya mengikuti sesuai aturan saja. “Kita sesuai aturan saja, kalau itu masalah kesehatan yang berhak memberikan rekomendasi atau hasilnya kan dari Dinas Kesehatan tentunya Satgas Covid-19,” pungkasnya. (DT)