Balinews.id

Kaya Akan Manfaatnya, Buah Sisa Galungan Diolah Menjadi Eco Enzyme

Proses pengolahan buah-buhan dan sayur menjadi Eco Enzyme

BaliNews.id – Komunitas Tol-tol bekerjasama dengan masyarakat Banjar Apuh, Desa Lodtunduh, Kecamatan Ubud menggelar sosialisasi paket komplit pengelolaan sampah dari sumber, Sabtu (13/11) pagi. Paket komplit yang dimaksud diantaranya : Pertama, pemanfaatan sisa buah upakara khususnya hari Raya Galungan diolah menjadi eco enzyme. Kedua, pembuatan dan pemanfaatan Teba Modifikasi. Ketiga, plastic exchange Penukaran sampah plastik dengan beras. Aksi ini juga melibatkan penggiat lingkungan seperti Teman Parta, Bersih-bersih Bali, Pesan-Pede (pengelolaan sampah mandiri pedesaan), Megaloman, dan lainnya.

Ketua Komunitas Tol-tol I Wayan Suartika mengatakan paket komplit ini merupakan implementasi nyata dari Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. Sehingga sampah yang dibawa ke TPA hanya sampah residu, semisal popok bayi atau pembalut wanita. Sementara sampah sisa lungsuran buah dan kulit sayur mayur diolah menjadi eco enzyme, sampah organik dedaunan sisa canang masuk dalam teba modifikasi, sedangkan sampah plastik ditukar beras atau dijual kembali menghasilkan rupiah.

“Kami inisiasi, ambil habis hari raya Galungan karena ada lungsuran buah banyak. Biar berguna dijadikan eco enzyme, kaya manfaat untuk lingkungan, kesehatan dan pupuk tanaman. Hasilnya bisa di panen 3 bulan, bisa untuk ngepel, cuci piring, hilangkan bau amis,” jelas pria yang akrab disapa Wayan Gabler ini.

Wayan Gabler berharap aksi semacam ini bisa dilakukan pula oleh banjar-banjar lain di Bali. Hadir memberikan motivasi disela pembuatan eco enzyme, Anggota DPR RI Dapil Bali Nyoman Parta. Menurutnya,Banjar Apuh sudah berhasil mengelola sampah berbasis sumber. Bahkan sejak beberapa tahun terakhir. “Di Banjar ini sudah berhasil memilah sampah di sumber. Kita dampingi sejak lama dan kelihannya juga komitmen, kita apresiasi. Tentang manfaat eco enzyme, sudah banyak di google,” jelas Parta. Keberhasilan pengelolaan sampah ini diyakini berdampak positif terhadap dunia pariwisata di Bali. (**)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

November 15, 2021

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

November 15, 2021

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

November 15, 2021

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

November 15, 2021

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

November 15, 2021