1800 Pedagang di Relokasi Pasar Gianyar akan Di Rapid Test

GIANYAR, BaliNews.id – Untuk mengantisipasi transmisi lokal penyebaran Covid-19, akan dilakukan Rapid Test kepada seluruh pedagang di Relokasi Pasar Umum Gianyar di Kelurahan Samplangan. Hal itu terungkap saat Rapat Dengar Pendapat Komisi 4 DPRD Gianyar dengan Dinas Kesehatan Gianyar di ruang rapat Pimpinan DPRD Gianyar, Rabu (10/6).

Sekdis Dinas Kesehatan Gianyar, drg. Anak Agung Gede Suputra, mengatakan, akan dilakukan Rapid Test terhadap 1800 Pedagang di Pasar Umum Gianyar. “Seluruh pedagang di Relokasi Pasar Umum Gianyar akan di Rapid Test,” jelasnya.

 

Dikakatakanya, Rapid Test rencananya akan dilaksanakan dalam dua hari, pada tanggal 11 dan 12 Juni 2020, mulai pukul 08.00-13.00 wita. “Kita rencanakan dalam dua hari. Dimana dalam setiap hari 900 pedagang akan di Rapid Test,” jelasnya.

BACA JUGA  Biaya Rapid Test Mahal, Sopir Antar Pulau Mengadu ke Dewan

Lanjutnya, jika hasil Rapid Test ada yang reaktif, maka akan dilanjutkan dengan Swab Test. “Tentunya jika hasilnya ada yang reaktif, maka akan dilanjutkan dengan Swab test,” ungkapnya.

Selain itu, kata Agung Suputra, juga akan dilakukan rapid dibeberapa pasar umum di wilayah Gianyar. “Sesuai intruksi dari Kepala Dinas Kesehatan, akan dilakukan Rapid Test di Pasar Umum yang ada di Wilayah Gianyar. Saat ini kita masih menghitung berapa alat rapid yang dibutuhkan,” ujarnya.

Ketua komisi 4 DPRD Gianyar, Ni Made Ratnadi, menyambut baik dilakukannya Rapid Test di Relokasi Pasar Umum Gianyar. Menurutnya, ini merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi transmisi lokal penyebaran Covid-19. “Ini sesuai dengan permintaan dari DPRD Gianyar agar dilakukan Rapid Test terhadap pedagang di Relokasi Pasar Umum Gianyar,” ungkapnya.

BACA JUGA  Warga Aljazair Terlibat Pembobolan ATM Ditangkap

Hanya saja, pihaknya meminta agar pelaksanaanya diatur, sehingga tidak terjadi kerumunan. “Kami dari Komisi 4 akan meninjau langsung pelaksanaan Rapid Test di Relokasi Pasar Umum Gianyar di Kelurahan Samplangan,” pungkasnya. (DT)