16 Nakes di RSU Ganesha Positif Covid-19, UGD Ditutup 14 Hari

GIANYAR, BaliNews.id – Tercatat 16 Tenaga Kesehatan (nakes) di RSU Ganesha positif Covid-19.  Pihak rumah sakit yang berlokasi di Jalan Raya Celuk, Desa Celuk, Sukawati sudah melakukan sterilisasi pada sejumlah ruangan. Selain itu, rawat inap lantai 2, UGD, ruang VK, kamar kelas 3 di ruang perawatan ditutup selama 14 hari.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, Rabu (24/6/2020) mengatakan, transmisi kasus Covid-19 pada nakes di RSU Ganesha, dimulai dari dua dokter yang dinyatakan positif SAR COV 2 pada 29 Mei 2020. Selanjutnya terjadi trasmisi penularan pada Nakes 14 (perawat-red), satu orang cleaning service dan 1 orang bidan. “Sehingga total 16 nakes, satu bidan dan satu orang cleaning service di RS Ganesha sudah dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya.

BACA JUGA  IMS Terkonfirmasi Positif Covid-19 Pertama Asal Payangan

Dikatakanya, pihaknya telah melakukan pengawasan ketat dan menutup selama 14 hari, semua unit pelayanan yang nakesnya terinfeksi. “Ini sudah dilakukan sejak 8 hari yang lalu dan akan sampai 14 hari. Selanjutnya melakukan sterilisasi seluruh ruangan di RS Ganesha, jadi saat ini IGD, VK, rawat inap lantai 2 dan poli jantung ditutup,” jelasnya.

Sementara itu Dirut RS Ganesha drg. Candra, mengatakan, terkait dgn adanya nakes yang positif Covid-19 di RSU Ganesha, sesuai dengan GTPP Kabupaten Gianyar beberapa ruangan  antara lain rawat inap lantai 2, UGD, ruang VK, kamar kelas 3 di ruang perawatan ditutup selama 14 hari. “Untuk layanan/ruangan lainnya tetap beroperasional seperti biasa.

Selama penutupan, kami telah melakukan sterilisasi dan general cleaning di ruangan ruangan tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA  Pandemi Jadikan Momentum Tata Kawasan Ubud

Sedangkan terhadap petugas yang kontak dengan nakes RSU Ganesha yang terkonfirmasi covid telah dilakukan swab, rapid test dan menjalani karantina. “Dari 16 petugas yg positif, sudah dinyatakan sembuh sebanyak 7 orang. Sisanya masih menjalani karantina,” ujarnya.

Drg, Candra minta agar dikonfirmasi kembali ke Dinas Kesehatan Gianyar. “Konfirmasi lagi ke Diskes, sebab kami selalu berkomunikasi Diskes Gianyar,” pungkasnya. (DT)

Agus Hendrawan

Merupakan salah satu tim dari BaliNews.id