Balinews.id

Sekaa Gong Kebyar Eka Wakya Tampil Spektakuler di PKB 2024

Penampilan Sekaa Gong Kebyar Legendaris Eka Wakya dari Banjar Paketan, Desa Adat Buleleng.

Balinews.id – Sekaa Gong Kebyar Legendaris Eka Wakya dari Banjar Paketan, Desa Adat Buleleng, mencuri perhatian dalam Parade Gong Kebyar Legendaris Pesta Kesenian Bali (PKB) di Panggung Ardha Candra, Denpasar pada Senin (8/7/2024).

Berbeda dengan penampilan sebelumnya yang dihadiri langsung oleh PJ Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, kali ini sekaa gong legendaris ini diwakili oleh aisten I Setda Buleleng.

Sekaa Gong Kebyar Legendaris Eka Wakya memulai penampilannya dengan energi tinggi melalui Tabuh Nem Lelambatan Galang Kangin. Mereka menghadirkan Tari Gelatik dengan anggun dan lincah, menggambarkan keelokan burung gelatik yang riang. Kemudian, mereka menampilkan Tabuh Kreasi Dwi Kora yang dinamis dan improvisatif, memamerkan keahlian penabuh gamelan mereka.

Sebagai penutup yang heroik, Tari Subali Sugriwa mengisahkan kisah kepahlawanan Sugriwa dan Subali dalam pewayangan Ramayana, memukau penonton dengan alunan tabuh dan gerakan tarian yang memikat.

I Made Pasca Wirsutha, pembina Sekaa Gong Kebyar Legendaris Eka Wakya Banjar Paketan, menjelaskan bahwa kehebatan penampilan ini adalah hasil dari dedikasi dan latihan keras seluruh anggota sekaa sejak bulan November tahun lalu.

“Kami berterima kasih kepada seluruh anggota sekaa dan penari, yang semuanya berasal dari Banjar Paketan, yang meskipun ada yang sudah menikah kami tetap menghubungi agar mereka ikut serta dalam penampilan gong kebyar legendaris ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dek Pas Kocok, panggilan akrab I Made Pasca Wirsutha, menambahkan bahwa Sekaa Gong Kebyar Eka Wakya adalah satu-satunya sekaa di PKB 2024 yang membawa pelawah gambelan “bakiak” tanpa ukiran.

“Kami tetap memelihara keaslian dan keunikan daun gong kuno ini. Kami tidak akan merusaknya karena ini adalah bagian dari identitas kami. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua yang menyaksikan Parade Gong Kebyar Legendaris ini,” pungkasnya.

Pihaknya berharap setelah acara ini, Sekaa Gong Kebyar Legendaris Eka Wakya tetap dikenal baik di tingkat kabupaten maupun provinsi dan karyanya akan meraih apresiasi yang lebih luas di masa depan. (*)

Tak Hanya Sekedar Hiburan, Ini Manfaat Membaca Novel yang Perlu Dipertimbangkan

INTERMESO, Balinews.id – Membaca novel seringkali dianggap sebagai hiburan semata bagi sebagian orang. Namun, ada…

July 10, 2024

Dikira Ngancam Pakai Pisau, Ternyata Pembuka Tutup Botol

DENPASAR, Balinews.id – Sepasang suami istri penjual nasi goreng di daerah Pemogan Denpasar Selatan mendapat ancaman dari…

July 10, 2024

Sempat Ngaku Sakit, Nyoman Panca Ditemukan Tewas Telanjang di Kamar Kos

DENPASAR, Balinews.id – Seorang pria asal Buleleng bernama I Dewa Nyoman Panca (54) ditemukan tak…

July 10, 2024

Bule Australia Dideportasi Akibat KDRT Dengan Istrinya yang Merupakan WNI

BADUNG, Balinews.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, melalui Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim)…

July 10, 2024

Ancam Pedagang Nasgor di Pemogan dengan Sajam, Pria Ini Akhirnya Minta Maaf

VIRAL, Balinews.id – Warganet dihebohkan oleh sebuah video yang memperlihatkan seorang pria membawa senjata tajam…

July 10, 2024