Balinews.id

FIFA Resmi Batalkan Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali!

Arya Sinulingga dalam pengumuman pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 (Foto: MPI/Andhika Khoirul Huda)

Balinews.idDrawing Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya digelar di Bali pada 31 Maret dibatalkan. Hal tersebut menyusul keputusan penolakan Gubernur Bali Wayan Koster atas keikutsertaan Timnas Israel. 

Menurut keterangan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, keputusan FIFA ini berkaitan dengan penolakan dari Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap keikutsertaan tim Israel, karena rawing tidak mungkin dilakukan tanpa keikutsertaan semua peserta.

“Memang kami belum mendapatkan surat resmi, tapi pesannya jelas karena adanya penolakan dari Gubernur Bali yang menolak tim Israel sehingga drawing tak bisa dilaksanakan tanpa seluruh peserta,” kata Arya dalam konferensi pers, Minggu, 26 Maret.

PSSI saat ini tengah memikirkan cara bagaimana supaya Indonesia tidak dikucilkan dunia dalam sebuah ekosistem sepak bola internasional. Arya sudah berkomunikasi dengan Gubernur Bali I Wayan Koster, namun Pemprov Bali tetap pada posisi menolak dan PSSI menghargai keputusan itu.

Kini, para pengguna Instagram memenuhi kolom komentar Instagram Gubernur Bali Wayan Koster @kostergubernurbali dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar yang digadang-gadang calon kuat di Pilpres 2024 ini ‘ikut-ikutan’ menolak timnas Israel berlaga di Indonesia dalam perhelatan Piala Dunia U-20.

Koster dan Ganjar dihujat alias di-bully dengan ratusan komentar di dua unggahan lama Koster meramaikan ‘protes’ atas penolakan Koster yang berdampak tidak baik dalam gelaran Piala Dunia U-20. Warganet mempertanyakan alasan menolak Timnas Israel yang datang ke Indonesia untuk bertanding bola bukan terkait politik. Ada juga yang menyesalkan urusan sepak bola selalu dikaitkan dengan politik, apalagi jelang Pemilu 2024.

Warganet lainnya berbicara soal pernyataan terang benderang dari Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun. Zuhair sebelumnya memang menegaskan partisipasi Israel dalam turnamen tersebut telah sesuai dengan aturan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan tidak serta merta melunturkan dukungan Indonesia, selaku tuan rumah, bagi perjuangan bangsa Palestina.

“Saya ingin memupus keraguan di antara banyak pihak dan ingin menegaskan bahwa berdasarkan apa yang saya lihat, dengar, dan rasakan, saya meyakini bahwa dukungan Indonesia terhadap isu Palestina tidak pernah berubah,” kata dia dilansir, 15 Maret.

Konsistensi dan keteguhan Indonesia dalam mendukung bangsa Palestina, kata Zuhair, selalu ditunjukkan dalam berbagai forum regional dan multilateral, di antaranya di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Pihaknya mengapresiasi sikap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang selalu menyuarakan kepentingan rakyat Palestina dalam forum-forum internasional, termasuk baru-baru ini di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Dewan HAM PBB, dan pertemuan para Menlu G20 di India. (*)

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

March 27, 2023

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

March 27, 2023

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

March 27, 2023

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

March 27, 2023

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

March 27, 2023