Balinews.id

WNA Rusia Ngaku Dideportasi Paksa Padahal Bantu Polisi Ungkap Kasus Narkoba, Begini Nyatanya

Arthem Kothukov. Sumber foto: tangkapan layar

Denpasar, Balinews.id – Sebumnya viral sebuah video seorang WNA Rusia bernama Arthem kothukov yang mengaku dideportasi paksa dan dicekal sehingga hidup terpisah dengan istrinya yang WNI, Senin (13/5/24).

Ia mengaku heran mengapa dideportasi paksa oleh pihak Imigrasi Bali padahal telah banyak membantu polisi membongkar mafia besar narkoba di Bali.

Ramainya video itu di media sosial membuat polisi akhirnya angkat bicara. Kombes Pol Jansen Panjaitan selaku Kabid Humas Polda Bali, menjelaskan dari hasil koordinasi dengan Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Suhendra pada Selasa (14/5/24) bahwa memang benar Arthem telah di deportasi.

Arthem dideportasi pihak Imigrasi Bali sebanyak dua kali pada tahun 2020 dan 2021.

Pada tahun 2020 ia dideportasi karena tidak memiliki dokumen resmi tinggal di Bali. Selanjutnya pada tahun 2021 yang bersangkutan kembali datang ke Bali dan kembali di deportasi, karena dokumen yang dimilikinya sebagai WNA tidak sesuai dengan ijin tinggalnya di Bali. Kemudian ia pun dicekal karena dua permasalahan tadi.

Terkait pengakuan Arthem  yang menyatakan telah banyak membantu kepolisian dalam mengungkap kasus-kasus besar narkoba di Bali dan mempertanyakan kenapa dideportasi dan dicekal masuk ke Indonesia, Kabid Humas menyebut bahwa pengakuan tersebut baru pengakuan sepihak.

Kombes Pol Jansen menjelaskan meskipun jika memang benar, bukan berarti menjadi jaminan orang tersebut serta merta harus mendapatkan perlakuan khusus.

Ia menegaskan semua orang dan siapapun yang tinggal di Indonesia, wajib hukumnya mematuhi semua peraturan hukum yang belaku.

Kami mendukung tindakan tegas Imigrasi, dan ini berlaku untuk siapapun termasuk WNA yang melanggar hukum atau tidak patuh terhadap aturan hukum yang belaku di Indonesia khususnya di Bali.

Kami berharap masyarakat tidak terprovokasi dengan pernyataan sepihak yang bersangkutan dalam vidio tersebut, mari kita bersama jaga keamanan Bali agar tetap ajeg dan Shanti. ucap KBP Jansen. (*)

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

May 14, 2024

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

May 14, 2024

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

May 14, 2024

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

May 14, 2024

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

May 14, 2024