Balinews.id

Viral Berita Kemdikbud Tetapkan Aturan Baru Tentang Seragam, Benarkah?

Ilustrasi siswa sekolah

Balinews.id – Ramai diberitakan di media sosial dan beberapa portal berita online bahwa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makariem mengeluarkan aturan baru terkait seragam baru bagi siswa sekolah yang akan diberlakukan setelah Lebaran.

Dilansir oleh Balinews.id, beberapa berita menyebutkan bahwa akan ada 4 (empat) jenis seragam baru yang digunakan, yakni seragam nasional, seragam khas sekolah, seragam pramuka, dan pakaian adat. Seragam ini diperuntukan untuk siswa jenjang SD, SMP, dan SMA. Hal ini tentu membuat orang tua siswa resah dan mempertanyakan urgensi perubahan seragam tersebut.

Namun, faktanya pada halaman resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) tak ada peraturan baru yang dirilis terkait perombakan seragam sekolah. Begitu juga dengan siaran pers di laman resmi, akun Instagram, dan media sosial lainnya milik Kemdikbud maupun Nadiem Makariem.

Berita terakhir terkait peraturan penggunaan seragam sekolah baru yang dirilis oleh Kemdikbud adalah Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Dalam peraturan tersebut Bab II tentang Pakaian Seragam Sekolah, terdapat 4 (empat) jenis seragam  yang yang digunakan, yakni seragam nasional, seragam khas sekolah, seragam pramuka, dan pakaian adat.

Pada aturan tersebut mengatur jenis seragam, warna, serta penggunaan seragam sesuai hari. Peraturan tersebut berlaku sejak tanggal diundangkan yakni 7 September 2022.

Jadi, tidak ada peraturan baru terkait perombakan seragam sekolah yang dikeluarkan hingga berita saat ini ditulis selain Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022.(*)

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

April 12, 2024

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

April 12, 2024

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

April 12, 2024

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

April 12, 2024

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

April 12, 2024