Balinews.id

Polwan Bakar Suami Diduga Karena Alami Baby Blues, Apakah Itu?

Foto pernikahan Briptu FN dan Briptu RDW. Sumber IG/erichaayu.attire

VIRAL, Balinews.id – Seorang polisi wanita (polwan) berinisial Briptu FN (28) asal Mojokerto gegerkan media sosial. Ia tega membakar suaminya yang sesama anggota polisi berinisial Briptu RDW (27). Kejadian itu terjadi di Asrama Polisi (Aspol) Mojokerto, Jawa Timur (Jatim), pada Sabtu (8/6/24). Akibatnya, sang suami meninggal dunia pada Minggu (9/6/24) akibat luka bakar 90%.

Pelaku nekat membakar suaminya usai ia mengetahui gaji ke-13 yang seharusnya senilai Rp 2.800.000 berkurang menjadi Rp 800.000. FN lantas menelepon suaminya menanyakan tentang uang di rekening yang berkurang.

Briptu FN diduga alami baby blues, pasalnya ia baru saja melahirkan bayi kembar. Dugaan ini diperkuat dengan adanya ancaman yang dikirim ke WA suaminya. Briptu FN mengirimkan sebuah foto untuk meminta korban segera pulang, jika tidak maka anak-anaknya yang akan dibakar.

Lalu apa itu sindrom baby blues? Dikutip dari website Kemenkes, sindrom baby blues atau dalam istilah psikiatri adalah postpartum depression adal hperasaan sedih yang dialami banyak wanita di masa-masa awal setelah melahirkan. Umumnya, baby blues akan muncul selama beberapa hari hingga 2 minggu.

Menurut WHO (2014), di Asia angka kejadian sindorm baby blues bervariasi antara 26-85%. Di Indonesia sendiri, angka kejadian sindrom ini berkisar 50-70%. Dapat disimpulkan insiden Baby Blues Syndrome di Indonesia 1 sampai 2 per 1000 kelahiran

Hingga saat ini, penyebab pasti sindorm ini belum diketahui. Namun, ada beberapa hal yang bisa memicu sindrom baby blues diantaranya seperti rasa sakit, sedih, cemas, kurang tidur, merawat bayi, bingung saat bayi menangis karena tidak kunjung diam, hingga perubahan bentuk tubuh pasca saat melahirkan.

Beberapa gejala sindrom baby blues diantaranya ibu mudah menangis tanpa sebab, lebih sensitif, juga muncul rasa takut tak beralasan. Selain itu, mudah kelelahan, insomnia, merasa tidak percaya diri dan mengalami kecemasan berlebih jgua bisa menjadi Ibu mengalami baby blues.

Jika segera ditangani dengan dukungan dari suami dan keluarga maka kondisi psikis ibu bisa segera membaik. Namun, jika perasaan tersebut tetap dialami maka segeralah mencari pertolongan profesional. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

June 11, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

June 11, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

June 11, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

June 11, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

June 11, 2024