Balinews.id

WN Ukraina Pemilik KTP WNI Jadi Tersangka, Terancam 6 Tahun Bui

WN Suriah punya KK dan KTP WNI atas nama Agung Nizar Santoso. (Foto: Denita BR Matondang)

 

Balinews.id – Seperti diberitakan sebelumnya, seorang WNA asal Ukraina bernama Rodion Krynin, ditetapkan sebagai tersangka usai kedapatan memiliki KTP WNI atas nama Alexander Nur Rudi. Krynin dituding memalsukan dokumen untuk membuat KTP palsu. Krynin membayar Rp 31 juta kepada seseorang bernama Puji. Krynin berada di Indonesia demi menghindari perang Rusia-Ukraina yang saat ini masih berlangsung.

“Subdit IV Direskrimum Polda Bali telah menangkap tersangka WN Ukraina, Rodion Krynin, terkait LP/107/III/2023/SPKT Polda Bali tanggal 1 Maret tentang membuat dan menggunakan dokumen atau KTP yang diduga palsu,” ungkap Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto pada Selasa (14/3), dilansir Kumparan.

Sebelumnya ia ditahan di ruang detensi Imigrasi Bali, namun kini sudah dipindah ke rutan Polda Bali. Ia dinilai melanggar Pasal 263 Ayat 2 KUHP tentang Penggunaan Surat Palsu, dengan hukuman maksimal 6 tahun penjara.

Untuk sementara, WN Suriah bernama Muhammad Zghaib Nasir, belum ditetapkan sebagai tersangka di kasus yang sama. Nasir memegang KTP WNI atas nama Agung Nizar Santoso. Dalam kasus ini, Nasir membayar Rp 8 juta kepada warga bernama Wayan untuk mendapatkan KTP serta KK. KTP ini ia buat agar bisa berinvestasi di indekos dan restoran yang ada di Legian, Kabupaten Badung.

“WN Suriah [belum ditetapkan sebagai tersangka karena] masih berkoordinasi dengan bank dan imigrasi terkait barang bukti,” jelas Satake. Atas kasus ini, Pemerintah Kota Denpasar juga telah memecat seorang pegawai honorer di Kecamatan Denpasar Utara bernama Ketut Sudana. Ketut diduga jadi otak pemalsuan KTP di tingkat Disdukcapil Kota Denpasar. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

March 14, 2023

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

March 14, 2023

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

March 14, 2023

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

March 14, 2023

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

March 14, 2023