Balinews.id

Pasukan Berkuda dan K9 Siap Amankan WWF ke-10 di Bali

Polri menurunkan Detasemen Turangga atau pasukan berkuda, dalam Operasi Puri Agung 2024, guna mengamankan penyelenggaran Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. (Foto : humas.polri.go.id)

Denpasar, Balinews.id – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menerjunkan Detasemen Turangga atau pasukan berkuda guna mengamankan kawasan tempat penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Nusa Dua, Bali pada 18 – 25 Mei 2024.

Pasukan berkuda tersebut berasal dari Direktorat Kepolisian Satwa Korps Samapta Bhayangkara Badan Pemelihara Keamanan (Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam) Polri.

“Ada empat ekor kuda yang disiapkan. Jenis kudanya warmblood berasal dari Belanda,” Jelas Kasubsatgas Sterilisasi Satgas Preventif Operasi Puri Agung 2024 Komisaris Besar Polisi Harri Muharram Firmansyah, Kamis (16/5/24).

Harri menjelaskan pasukan berkuda tersebut ditempatkan khususnya di jalur atau sekitar ITDC Nusa Dua Bali, yang menjadi tempat pelaksanaan pertemuan World Water Forum ke-10 itu.

“Pasukan berkuda ini untuk melaksanakan kegiatan yang sifatnya atau medannya yang tidak bisa dilalui kendaraan. Oleh karena itu, bisa menggunakan Turangga ini, namun pada pelaksanaan even ini (pasukan berkuda) hanya melaksanakan patroli yang sifatnya jaraknya sedang,” katanya.

Tak hanya pasukan berkuda, kata dia, pihaknya juga mengerahkan sebanyak 34 anjing pelacak atau K9 yang diturunkan untuk mengamankan mulai dari Pelabuhan Gilimanuk hingga Pelabuhan Ketapang di perbatasan NTB guna mencegah kejahatan.

5.791 personel Polri dikerahkan dalam Operasi Puri Agung 2024 untuk keamanan tamu VVIP dan VIP mulai dari kedatangan, akomodasi sampai dengan kepulangan.

Dalam apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Niti Mandala, Denpasar, Rabu (15/4/24), Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkokabwilhan) II Marsekal Madya (Marsdya) TNI M Khairil Lubis mengatakan ada 14.000 lebih personel gabungan, baik TNI-Polri maupun unsur kementerian dan pemerintah daerah di Bali. (*)

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

May 17, 2024

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

May 17, 2024

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

May 17, 2024

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

May 17, 2024

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

May 17, 2024