Balinews.id

Megawati Singgung Gaya Pejabat Pajak yang Keren: Pokoknya Insaf!

Megawati saat menghadiri acara Haluan Pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru, di Trans Resort, Seminyak, Bali, Jumat (5/5/2023). (Foto: Istimewa)

Balinews.id – Dalam acara Haluan Pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru, di Trans Resort, Seminyak, Bali, Jumat (5/5/2023), Megawati Soekarniputri sempat menyinggung soal Direktorat Jenderal Pajak, Imigrasi hingga Bea Cukai.

Megawati juga menyinggung soal kasus bekas pejabat pajak Rafael Alun, yang memiliki harta jumbo. Rafael kini dijerat sebagai tersangka gratifikasi. Dalam kasusnya, Rafael Alun Trisambodo dijerat sebagai tersangka gratifikasi yang nilainya hingga puluhan miliar rupiah dan  sudah ditahan KPK. Diduga, Rafael Alun menerima gratifikasi dari wajib pajak. Nilainya hingga USD 90 ribu atau sekitar Rp 1.347.804.000.

“Ini negara udah enak banget merdeka, kok maunya enak aja korupsi. Kan saya bingung ya, orang pajak, siapa orang pajak yang ketangkep? Rafael. Saya sampai ketawa. Kita saban hari disuruh daftar LHKPN. Bikin (LHKPN), ntar ada kecurigaan. Gile, si rafael muncul, duar,” kata Megawati.

Megawati mengakui bahwa sudah menjadi rahasia umum Ditjen Pajak, Imigrasi, hingga Ditjen Bea Cukai merupakan institusi yang ‘basah’. Maka dari itu, kata dia, banyak pegawai pajak hingga bea cukai yang gayanya keren-keren.

“Siapa sih yang enggak tau pajak, imigrasi, bea cukai? dari dulu itu kan… Saya banyak belajar waktu Wapres. Saya nanya, kalau daerah kering yang mana? Yang ini. Kalau yang basah yang mana? Ya itu imigrasi, pajak, bea cukai. Makanya banyak ya, keren-keren. Duitnya dari mana ya?” ujarnya.

Megawati menyebut bahwa pegawai kementerian selalu punya gaya keren dan punya banyak uang. Selain itu, dia juga menceritakan pengalamannya ketika menjabat Wakil Presiden (Wapres). Saat itu dia mencoba memetakan, mana saja institusi yang menjadi incaran banyak orang karena untuk memperkaya diri.

“Saya belajar banyak waktu Wapres. Saya nanya kalau daerah kering yang mana? Yang ini bu. Terus kalau yang basah? Nah itu Imigrasi, Bea Cukai, Pajak,” katanya. Mendapat jawaban itu, Megawati lantas tidak kaget.

“Saya bilang pantas ya, makanya banyak yang keren-keren gitu. Duitnya dari mana ya? Makanya insaf. Pokoknya insaf,” katanya. (*)

 

Segera! Thailand Akan Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

GLOBAL, Balinews.id – Anggota parlemen Thailand sedang bersiap untuk melakukan pemungutan suara yang bersejarah terkait…

May 6, 2023

Lirik Lagu Politrik Feast, Gambarkan Situasi Politik Saat Ini?

HIBURAN, Balinews.id – Band indie rock asal Indonesia, .Feast baru saja merilis lagu berjudul Politrik.…

May 6, 2023

Korban Jiwa Kebakaran Gudang LPG Kini 16 Orang, Tersisa 2 yang Dirawat

DENPASAR, Balinews.id – Korban jiwa akibat kebakaran di Gudang Gas LPG di Jalan Cargo Taman…

May 6, 2023

Menko Airlangga: Tak Ada Anggaran Bansos Untuk Korban Judol

NASIONAL, Balinews.id – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan tak ada anggaran bantuan sosial (bansos)…

May 6, 2023

DPR Usulkan Mahasiswa Ekonomi Kelas Menengah Diberikan Beasiswa

NASIONAL, Balinews.id – c Menurutnya, model pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang berlaku saat ini…

May 6, 2023