Balinews.id

Maraknya Pelanggaran WNA Dalam Berkendara, Polda Bali Imbau Pemilik Rental

Anggota Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Denpasar menindak warga negara asing (WNA) yang tidak menggunakan helm saat berkendara di sebuah ruas jalan di Kota Denpasar. (Foto: Dok Kepolisian)

Balinews.id – Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, membenarkan akhir-akhir ini sering terjadi warga negara asing berkendara di jalan raya secara arogan.

Banyak dari mereka yang berkendara tidak menggunakan baju (hanya menggunakan celana pendek) dan bahkan tidak menggunakan helm, serta tidak mematuhi rambu-rambu dan peraturan lalu lintas, pada senin (31/7/2023).

Perilaku beberapa Turis asing yang berkendara secara arogan terutama menggunakan sepeda motor dijalan raya tersebut cukup membuat resah masyarakat apalagi sering sampai viral di media sosial.

Selain melanggar aturan lalulintas yang berlaku dan sangat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain juga mengganggu ketertiban dan keajegan Bali yang sangat dikenal dengan kegiatan Pariwisata nya dan menghormati adat istiadat, tradisi, seni dan kebiasaan lainnya yang ada di Bali.

Diduga kendaraan yang digunakan para bule tersebut merupakan motor sewaan dari Rental. Polda Bali menghimbau kepada rekan-rekan para pemilik Rental sepeda motor / mobil di Bali, agar turut serta memberikan pemahaman tentang aturan berlalulintas yang wajib diketahui dan dipatuhi saat berkendara di jalan raya, serta tradisi dan kebiasaan lainnya yang berlaku di Bali kepada wisatawan yang akan menyewa kendaraan di tempatnya.

Adapun yang harus di sampaikan seperti layak mengemudikan kendaraan, memiliki SIM yang berlaku, wajib menggunakan Helm SNI, menggunakan pakaian yang sopan, tidak arogan atau ugal-ugalan dan tidak menggunakan HP/aktifitas lain yang mengganggu pengguna jalan lain, serta selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara.

Kabid Humas juga mengajak masyarakat lainnya agar bersama-sama selalu mematuhi peraturan lalulintas yang berlaku dan selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara, disamping itu Direktorat Lalulintas Polda Bali beserta jajaran satuan lalulintas tetap berkoordinasi dengan stake holder terkait akan mengambil langkah tegas.

Apabila menemukan pelanggaran lalulintas yang dilakukan baik oleh WNA maupun WNI dan dapat berakibat fatalitas seperti tersebut diatas agar ciptakan situasi Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif di wilayah Bali. (*)

Begini Harapan Ratusan Penyandang Disabilitas pada Ketut Juliarta

KLUNGKUNG, Balinews.id – Pada hari Minggu, 14 Juli 2024, ratusan penyandang disabilitas berkumpul di Sekretariat…

August 1, 2023

Tanggulangi Kejahatan Siber, Polri akan Rekrut 45 Perwira di Bidang IT

NASIONAL, Balinews.id – Maraknya serangan siber di tanah air membuat Polri berencana merekrut sumber daya…

August 1, 2023

Nyoman Parta Sukses Perjuangkan Hak Pekerja APS, Downgrade Status Resmi Dibatalkan

Balinews.id – Rencana perubahan status pekerja dari PKWTT/Permanent menjadi PKWT/Kontrak di PT Angkasa Pura Supports…

August 1, 2023

10 WN Tiongkok Diamankan Atas Dugaan Pelanggaran Izin Tinggal

BADUNG, Balinews.id – Sepuluh warga negara asing (WNA) asal Tiongkok ditahan oleh Kantor Imigrasi Kelas…

August 1, 2023

Berbuah Manis! Rencana Perubahan Status Pegawai PT APS Dibatalkan

Badung, Balinews.id – Sengketa terkait perubahan status ketenagakerjaan yang terjadi di Bandara Ngurah Rai akhirnya…

August 1, 2023