Balinews.id

Imigrasi Ngurah Rai Jaring 24 WNA Asal Afrika yang Langgar Izin Tinggal

Imigrasi Ngurah Rai amankan total 24 WNA asal Afrika yang melanggar izin tinggal di Bali. Sumber foto: istimewa

Badung, Balinews.id – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai amankan 24 Warga Negara Asing (WNA) atas pelanggaran izin tinggal keimigrasian. Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Suhendra mengatakan bahwa penindakan terhadap sejumlah WNA tersebut berasal dari pengaduan masyarakat.

“Kami menerima pesan WhatsApp dari masyarakat yang melaporkan adanya WNA yang diduga overstay dan melakukan penipuan. Tim pengaduan masyarakat (dumas) kemudian mengumpulkan informasi lebih lanjut dari pelapor serta pengecekan pada database keimigrasian. Setelah informasi dirasa cukup, tim dumas kemudian berkoordinasi dengan bidang Inteldakim untuk penanganan lebih lanjut”, terang Suhendra.

Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Imigrasi Ngurah Rai kemudian melakukan patroli keimigrasian pada Selasa (28/5/24) di kawasan Legian Kuta untuk menindaklanjuti laporan masyarakat tersebut.

Dari patroli tersebut, 3 (tiga) WNA asal Nigeria berinisial ACP (Lk, 23), FEO (Lk, 33), dan OIC (Lk, 35) diamankan. Berdasarkan hasil pemeriksaan, ketiga WNA tersebut ternyata telah overstay lebih dari 60 hari.

Tidak hanya berhenti disitu, Suhendra menambahkan bahwa tim Inteldakim kemudian melakukan pengembangan. Keesokan harinya, tim Inteldakim berhasil mengamankan sebanyak 21 WNA lainnya dimana 19 orang merupakan WN Nigeria, 1 WN Ghana dan 1 WN asal Tanzania.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 3 WNA asal Nigeria, kami kemudian melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan 21 WNA lagi atas pelanggaran izin tinggal keimigrasian (overstay) dimana 9 WNA diantaranya tidak dapat menunjukan dokumen perjalanan (paspor)”, terang Suhendra

Selanjutnya, 24 WNA tadi akan diproses sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Saat ini dari 24 WNA yang telah diamankan, 3 diantaranya telah dilakukan pendetensian pada Kantor Imigrasi Ngurah Rai.  21 WNA lainnya akan dilakukan pendetensian pada Rumah Detensi Imigrasi Denpasar.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Pramella Y. Pasaribu menegaskan bagi WNA yang akan beraktivitas di Indonesia agar mengikuti aturan yang berlaku.

Senada dengan Kakanwil Kemenkumham Bali, Suhendra juga menyatakan komitmen Imigrasi Ngurah Rai dalam penegakan hukum keimigrasian serta mendukung ekosistem pariwisata Bali yang aman dan nyaman.

“Apabila masyarakat mempunyai informasi terkait WNA yang dicurigai atau diduga melanggar aturan keimigrasian, dapat melaporkannya melalui kanal-kanal media sosial resmi Imigrasi Ngurah Rai”, tutup Suhendra. (*)

Sehari Pasca Ditembak, Donald Trump Hadiri Konvensi Nasional Partai Republik

GLOBAL, Balinews.id – Calon presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba di Kota Milwaukee, Wisconsin,…

June 3, 2024

Begini Harapan Ratusan Penyandang Disabilitas pada Ketut Juliarta

KLUNGKUNG, Balinews.id – Pada hari Minggu, 14 Juli 2024, ratusan penyandang disabilitas berkumpul di Sekretariat…

June 3, 2024

Tanggulangi Kejahatan Siber, Polri akan Rekrut 45 Perwira di Bidang IT

NASIONAL, Balinews.id – Maraknya serangan siber di tanah air membuat Polri berencana merekrut sumber daya…

June 3, 2024

Nyoman Parta Sukses Perjuangkan Hak Pekerja APS, Downgrade Status Resmi Dibatalkan

Balinews.id – Rencana perubahan status pekerja dari PKWTT/Permanent menjadi PKWT/Kontrak di PT Angkasa Pura Supports…

June 3, 2024

10 WN Tiongkok Diamankan Atas Dugaan Pelanggaran Izin Tinggal

BADUNG, Balinews.id – Sepuluh warga negara asing (WNA) asal Tiongkok ditahan oleh Kantor Imigrasi Kelas…

June 3, 2024