Balinews.id

Bule yang Telanjang di Puri Ubud Kini Dirawat di RSJ, Kondisinya Lebih Tenang

WNA dalam kondisi telanjang dalam pertunjukan tari di Puri Saraswati Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Senin (22/5/2023) malam.  (Foto: Istimewa)

Balinews.id – Beredar viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang WNA dalam kondisi telanjang dalam pertunjukan tari di Puri Saraswati Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Senin (22/5/2023) malam.  WNA tersebut diketahui berinisial DT (28) yang berkewarganegaraan Jerman dan diduga mengalami depresi berat.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Kepolisian Daerah (Polda) Bali Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto menjelaskan bahwa berdasar keterangan yang didapat polisi, warga sering melihat DT berjalan telanjang di area tempat menginapnya. Selain itu, DT disebut sering berpindah-pindah tempat tinggal dan tidak mau membayar biaya penginapan.

“Pengelola tempat menginap tamu yang bersangkutan (DT) yaitu pihak pemilik Ubud Bungalow dan mendapat info bahwa tamu tersebut mengalami depresi berat dan mengganggu tamu yang lainnya,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (24/5/2023).

Terkait kejadian di Puri Saraswati, Satake menerangkan bahwa DT mulanya mendatangi loket tiket untuk menonton pertunjukan tari. Akan tetapi, ia tiba-tiba menerobos masuk melewati penjaga tiket sambil menanggalkan pakaiannya. Hingga kemudian ia naik ke panggung.

“Dengan adanya kejadian tersebut pihak Staf Puri Saraswati mengamankan WNA tersebut kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Ubud,” tuturnya. DT kini dirawat di Rumah Sakit Jiwa Bangli.

Menurut keterangan Kepala Instalasi Humas RSJ Bali Ni Komang Ayu Trisnahari,  DT masih menjalani observasi di ruang intensif RSJ Bali. WN Jerman tersebut dibawa ke RSJ pada Selasa (23/5/2023) dini hari. Ia diantar oleh petugas vila tempat DT menginap, didampingi petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Gianyar.

“Saat dibawa ke RSJ Bali kondisinya tenang, dan dia sudah mengenakan pakaian,” ujarnya, Kamis (25/5/2023), dikutip dari Tribun Bali.

Kondisi DT mulai membaik usai menjalani perawatan selama dua hari di RSJ Bali. Ia sudah bisa diajak berkomunikasi dan keadannya lebih tenang.

“Karena dia ditangani di sini, dimungkinkan dia mengalami gangguan jiwa. Namun, saya belum bisa mengatakan yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa seperti apa. Karena penentuan diagnosa perlu dikaji lebih lanjut oleh dokter penanggungjawab pasien (DPJP) yang menangani,” ucapnya.

Menurutnya, ada sejumlah pihak yang sudah mengontak RSJ Bangli untuk menanyakan kondisi DT, yakni imigrasi, konsulat, dan keluarga DT. (*)

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

May 26, 2023

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

May 26, 2023

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

May 26, 2023

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

May 26, 2023

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

May 26, 2023