Balinews.id

Bangkitkan Bata Tulikup, Promosi Ke Proyek Pembangunan 

I Gusti Ngurah Winata. (Dok Istimewa)

Balinews.id – Dulu pasaran batu bata Tulikup sangat bagus, namun pasaran sempat menurun karena isu cepat senawanan (kropos). Isu tersebut bisa dijawan dan terbukti bata tulikup tidak cepat senawan, asalkan cara pemasangannya benar. Hal itu diungkapkan salah satu pemborong asal Desa Tulikup, I Gusti Ngurah Winata, Senin (19/12).

Lebih lanjut dikatakanya, pemasaran Bata Tulikup naik turun. Pada saat pandemi Covid-19, pengrajin bata Tulikup mengalami masa sulit.  Banyak warga yang beralih menjadi pengrajin batu bata, karena kehilangan pekerjaan. Karena semakin banyak pengrajin, maka stok banyak, sedangkan tidak ada penjualan.

“Karena semakin banyak pengrajin, stok jadi banyak. Namun, tidak ada penjualan, sehingga barang menumpuk, bahkan ada yang sampai lumutan,” jelasnya. Karena itulah, selaku tokoh masyarakat Tulikup, ia ikut mempromosikan batu bata Tulikup kepada beberapa pemborong.

“Kebetulan saya juga pemborong, sehingga agak lebih mudaj mempromosikan kepada rekan rekan pemborong,” jelasnya. Dari beberapa upaya yang dilakukan, masyarakat sudah kembali menggunakan bata tulikup untuk membangun, terutama bangunan stile Bali. Sehingga, pemasaran bata Tulikup sudah mulai meningkat dan tidak ada lagi stok yang menumpuk.

“Kami terus mendekati orang yang membangun, agar menggunakan bata Tulilkup. Sekarang ini order sudah banyak,” jelasnya. Gusti Winata yang akrab disapa Ngurah Mambo ini, tidak ingin warga Tulikup yang 30 persennya merupakan pengrajin batu bata, kehilangan pekerjaan.  “Syukur, sekarang pemasaran bata tulikup sudah lancar kembali, beberapa proyek sudah menggunakan bata tulikup,” tandasnya. (*)

Waste4change and IATPI Call For Action to Responsible Waste Management

DENPASAR, Balinews.id – Waste is one of the most pressing environmental problems in the modern…

December 20, 2022

Kendarai Motor Curian Dari Petang, Pemuda ini Terciduk Aparat Polisi di Denpasar

BADUNG, Balinews.id – Terciduk kendarai motor curian tanpa helm, mahasiswa asal Petang bernama I Ketut…

December 20, 2022

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Menko Marves

BADUNG, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia, Luhut B.…

December 20, 2022

Luhut Pandjaitan Sambut Kedatangan Elon Musk di Bali

Badung, Balinews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan sambut…

December 20, 2022

Dispar Buleleng Kolaborasi dengan MKP untuk Digitalisasi Destinasi Wisata

BULELENG, Bali – Pemerintah Kabupaten Buleleng tengah mengupayakan langkah strategis dalam meningkatkan pelayanan dan pengelolaan…

December 20, 2022