Balinews.id

2 WNA Dideportasi Dari Bali, Begini Alasannya

Dua WNA inisial EMD (Kiri) dan KT (Kanan) dideportasi akibat overstay. (Foto: Istimewa)

Badung, Balinews.id – Seorang wanita berinisial EMD (44) asal Amerika Serikat dan pria WN Rusia berinisial KT (34) dideportasi dari Bali karena melebihi masa tinggal atau overstay. Keduanya telah melanggar Pasal 78 Ayat 3 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Dalam pasal tersebut, disebutkan bahwa Orang Asing pemegang Izin Tinggal yang telah berakhir masa berlakunya dan masih berada dalam Wilayah Indonesia lebih dari 60 (enam puluh) hari dari batas waktu Izin Tinggal dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian berupa Deportasi dan Penangkalan.

Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar, Babay Baenullah menjelaskan bahwa sebelumnya EMD sempat diamankan Kantor Imigrasi Ngurah Rai pada awal Oktober 2023 terkait adanya laporan masyarakat yang sempat dianggap meresahkan sehingga ketika diperiksa, diketahui bahwa ia telah melampaui izin tinggal yang telah diberikan (overstay) selama 7 bulan 10 hari.

Menurut pengakuan EMD, usai kekasihnya yang berasal dari Inggris berinisial MH meninggal pada Januari 2022 lalu,  ia merasa memiliki gangguan kesehatan sehingga tidak memperpanjang izin tinggalnya dan ia mengaku berdasarkan rekomendasi dari dokter ia disarankan tidak berpergian jauh.

Ia sempat merasa trauma karena merasa dituduh sebagai pelaku pembunuhan terhadap kekasihnya tersebut. Tak sedikit dari media lokal dan media asing sempat memberitakan dirinya kala itu. Namun, pada akhirnya Kepolisian di Bali mengkonfirmasi secara resmi melalui konferensi pers pada 19 Januari 2022 bahwa kekasih EMD murni bunuh diri. Hal tersebut didasari oleh hasil penyelidikan, autopsi, dan didukung sejumlah bukti analisa CCTV.

Dalam kasus lainnya, KT (34) juga dideportasi  karena ijin kunjungannya telah habis masa berlakunya sejak 11 Februari 2021. Ia beralasan telah kehilangan ponselnya sehingga tidak dapat mengurus keuangannya untuk memperpanjang izin tinggalnya tersebut sampai ia kehabisan uang.

“Walaupun mereka berdalih segala hal tersebut adalah karena kealpaannya, imigrasi tetap dapat melakukan Tindakan Administratif Keimigrasian pendeportasian yang sejalan dengan asas ignorantia legis neminem excusat (ketidaktahuan akan hukum tidak membenarkan siapa pun, red.)” pungkas Babay.

Selanjutnya, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai menyerahkan EMD ke Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar pada 06 Oktober 2023 dan KT pada 12 Oktober 2023 untuk didetensi dan diupayakan pendeportasiannya lebih lanjut.

Menurut Babay, setelah EMD didetensi selama 20 hari dan pihak United States Consular Agency bersedia membiayai tiket kepulangannya dengan skema pinjaman, akhirnya EMD dapat dipulangkan ke Amerika Serikat. Sedangkan KT dideportasi ke Rusia dengan biaya yang ia tanggung sendiri.

EMD dideportasi melalui bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada 25 Oktober 2023, untuk EMD dengan tujuan akhir Dallas Fort Worth International Airport dan KT dengan tujuan akhir Sheremetyevo Alexander S. Pushkin International Airport dengan pengawalan petugas Rudenim Denpasar. Keduanya akan dimasukkan dalam daftar penangkalan ke Direktorat Jenderal Imigrasi. (*)

Sehari Pasca Ditembak, Donald Trump Hadiri Konvensi Nasional Partai Republik

GLOBAL, Balinews.id – Calon presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tiba di Kota Milwaukee, Wisconsin,…

October 26, 2023

Begini Harapan Ratusan Penyandang Disabilitas pada Ketut Juliarta

KLUNGKUNG, Balinews.id – Pada hari Minggu, 14 Juli 2024, ratusan penyandang disabilitas berkumpul di Sekretariat…

October 26, 2023

Tanggulangi Kejahatan Siber, Polri akan Rekrut 45 Perwira di Bidang IT

NASIONAL, Balinews.id – Maraknya serangan siber di tanah air membuat Polri berencana merekrut sumber daya…

October 26, 2023

Nyoman Parta Sukses Perjuangkan Hak Pekerja APS, Downgrade Status Resmi Dibatalkan

Balinews.id – Rencana perubahan status pekerja dari PKWTT/Permanent menjadi PKWT/Kontrak di PT Angkasa Pura Supports…

October 26, 2023

10 WN Tiongkok Diamankan Atas Dugaan Pelanggaran Izin Tinggal

BADUNG, Balinews.id – Sepuluh warga negara asing (WNA) asal Tiongkok ditahan oleh Kantor Imigrasi Kelas…

October 26, 2023